Riset pemasaran dalam PT. Vian Elektronik
Ø Pengertian Riset
Pemasaran adalah kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang dilakukan secara
sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, dan pengumpulan data , dan perumusan strategi
pemasaran dalam merebut peluang pasar dan peluang untuk membangun suatu bisnis
Ø Langkah langkah dalam Riset Pemasaran
a)
Identifikasi masalah
b)
Pengumpulan Data
c)
Melakukan
penelitian
d)
Survei pasar
e)
Strategi promosi
f)
Pemasaran produk
Contoh Riset pemasaran dalam PT. Vian
Elektronik yang berdiri di kota bekasi jawa barat
Ø Input
PT.
Vian elektronik yang berlokasi di bekasi jawa barat , perusahaan tersebut
menjual aneka macam barang elektronik
contohnya Hp , dalam riset pemasaran di perusahaan tersebut mengambil data yang
dikumpulkan oleh perusahaan tersebut yang disebut data primer.
Contoh
Data yang di Kumpulkan Oleh PT.Vian elektronik
Daftar
Pernyataan Dan Response Masyarakat
|
Ya
|
Tidak
|
Apakah
adanya PT.Vian Elektronik Bisa Memberikan pelayanan yang baik
|
ü
|
|
Apakan
HP yang dijual di PT.Vian Elektronik banyak diminati
|
ü
|
|
Apakah
HP smartphone lebih banyak peminatnya
|
ü
|
|
Ø Proses
Berdasarkan Data yang diperoleh ternyata
jenis handpone yang banyak diminati adalah sejenis Smartphone, Nokia biasa dan
hp cina namun hp cina peminatnya cenderung sedikit, setelah memperoleh data
PT.Vian elektronik menyurvei beberapa tempat dipasar pasar yang menjual hp, melakukan
survei kebeberapa pasar, beberapa toko dan perusahaan elektronik lainnya yang
ada diwilayah bekasi, langkah ini dilakukan guna untuk mengetahui apa saja
kelebihan dan kekurangan yang ada dalam perusahaan maupun toko lainya , sehingga
PT. Vian elektronik tidak mendapat kendala dalam menjalankan usaha elektronik
tersebut. Kemudian menyurvei sejauh mana
ketertarikan masyarakat di daerah bekasi dalam bidang elektronik ,
memperkenalkan produk yang dijual oleh PT. Vian elektronik, Kemudian menyurvei sejauh
mana tingkat ekonomi yang berada di bekasi serta menyurvei lokasi tempat
penjualan yang strategis kemudian membuat strategi promosi yang berbeda dari
perusahaan elektronik lainnya
Ø Output
PT. Vian elektronik fokus dalam pemasaran produk , sehingga
para konsumen merasa tertarik dan merasa puas atas pembelian produk - produk
yang kita jual , dan menyusun Strategi
distribusi yang lebih meyakinkan pelanggan supaya terus membeli dan
menggunakan produk- produk yang kita jual.
Contoh Hp yang Dijual di PT.Vian Elektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar