Nama: Beby Kusuma Ningsih
Kelas: 2P52
N.I.M: 13.230.0099
Ringkasan
Modul 1-3
q PENGERTIAN SISTEM INFORMASI
q Istilah
Sistem Informasi
- Manajemen Informasi Sistem
- Informasi Proses Sistem
- Informasi Desain Sistem
- Informasi System
- Semuanya mengacu pada sebuah Sistem Informasi Berbasis
Komputer Yang Dirancang Untuk Mendukung Operasi, Manajemen & Fungsi
Pengambilan Keputusan Suatu Organisasi.
•
DIFINISI SISTEM INFORMASI
Sebuah
Sistem Terintegrasi, Sistem Manusia-Mesin, untuk menyediakan informasi untuk
mendukung operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu
organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras & lunak komputer,
prosedur manual, model manajemen & pengambilan keputusan dan basis data.
KOMPONEN
FISIK SISTEM INFORMASI
- Perangkat Keras Komputer : CPU, Storage, Perangkat Input/Output,
Terminal Untuk Interaksi, Media Komunikasi Data
- Perangkat Lunak Komputer : Perangkat Lunak Sistem (Sistem Operasi
& Utilitinya, Perangkat Lunak Umum Aplikasi (Bahasa Pemrograman),
Perangkat Lunak Aplikasi (Aplikasi Akuntansi, Dan Lai-Lainnya).
3. Basis Data : Penyimpanan Data Pada Media
Penyimpanan Komputer.
4. Prosedur : Langkah-Langkah Penggunaan Sistem.
5. Personil Untuk Pengelolaan Operasi (SDM), yang
meliputi :
- Clerical Personnel (Untuk Menangani Transaksi & Pemrosesan Data
& Melakukan Inquiry = Operato);
- Fisrt Level Manager : Untuk Mengelola Pemrosesan Data Didukung
Dengan Perencanaan, Penjadwalan, Identifikasi Situasi Out-Of-Control &
Pengambilan Keputusan Level Menengah Ke Bawah.
- Staff Specialist : Digunakan Untuk Analisis Untuk Perencanaan &
Pelaporan.
d.
Management : Untuk Pembuatan Laporan Berkala,
Permintaan Khusus, Analisis Khusus
Pendukung Identifikasi Masalah & Peluang,
Pendukung Analisis Pengambilan Keputusan Level Atas.
KONSEP-KONSEP
SISTEM INFORMASI
Untuk
memahami sistem informasi diperlukan pemahaman tentang konsep-konsep :
Informasi, Manusia sebagai pemroses informasi, konsep sistem, organisasi, dan
manajemen, konsep pengambilan keputusan, konsep nilai suatu informasi.
KONSEP
INFORMASI
Informasi
: Data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima
& dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat atau prospek keputusan.
Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi.
Kualitas informasi: bias
terhadap error, karena: kesalahan cara pengukuran dan pengumpulan, kegagalan
mengikuti prosedur prmrosesan, kehilangan atau data tidak terproses, kesalahan
perekaman atau koreksi data, kesalahan file histori/master, kesalahan prosedur
pemrosesan ketidak berfungsian system
Umur informasi: kapan
atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai/arti bagi penggunanya.
Ada condition informasion (mengacu pada titik waktu tertentu) dan
operating information (menyatakan suatu perubahan pada suatu range waktu).
•
HUBUNGAN PENGELOLA DENGAN SISTEM INFORMASI
•
Pada bagian 1 sudah disebutkan bahwa salah satu
komponen dari sistem informasi adalah personel sebagai pengelola informasi.
Oleh karena itu hubungan antara sistem informasi dengan pengelolanya
sangat erat. Sistem informasi yang dibutuhkan sangat tergantung dari
kebutuhan pengelolanya.
•
Pengelola sistem informasi terorganisasi dalam
suatu struktur manajemen. Oleh karena itu bentuk / jenis sistem informasi
yang diperlukan sesuai dengan level manajemennya.
•
Manajemen Level Atas: untuk perencanaan strategis,
kebijakan dan pengambilan keputusan.
•
Manejemen Level Menengah: untuk perencanaan taktis dan
pengambilan keputusan.
•
Manejemen Level Bawah: untuk perencanan dan pengawasan
operasi dan pengambilan keputusan.
•
Operator: untuk pemrosesan transaksi dan merespon
permintaan.
•
Untuk pengembangan sebuah sistem informasi
diperlukan struktur manajemen organisasi personil.
•
Strutktur dasarnya:
•
Direktur Sistem Informasi
•
Manajer Pengembangan Sistem
•
Programmer
•
Manejer Komputer dan Operasi.
•
Variasi struktur manajemen sangat tergantung pada
Managerial Efficiency vs User Service.
Ringkasa Modul 1_2
Difinisi Sistem Informasi:
Sistem Informasi merupakan suatu sistem didalam suatu
organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi,
media, prosedur-2x, dan pengendalian yang ditujukan untuk mndapatkan jalur
komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal
kepada manajemen dan lainnya terhadap kejadian internal dan eksternal yang
penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.
Sistem informasi merupakan suatu sistem penghasil
informasi yang tidak baru lagi, sistem informasi yang telah dikembangkan dan
digunakan dalam berbagai organisasi. Yang relatif baru adalah penggunaan
komputer untuk mendukung sistem informasi.
Difinisi Sistem Informasi Berbasis Komputer
Merupakan
sistem informasi yang menggunakan komputer untuk menyimpan dan mengolah data
organisasi untuk keperluan personil organisasi.
Komputer yang digunakan adalah komputer yang beragam,
dari komputer yang sangan sederhana hingga komputer yang kompleks.
v Mengapa
Komputer Diperlukan Dalam Mendukung
Sistem Informasi
v Komputer
dapat menegecek kebenaran maupun kelayakan angka-angka menjadi input dalam
suatu proses.
- SORTIR
Komputer
dapat melakukan sortir data ke dalam beberapa klasifikasi yang berbeda dengan
cepat.
- TRANSMISI
Komputer
dapat memindahkan data dari suatu tempat ke tempat lain lebih cepat.
- PERHITUNGAN
Dengan
komputer perhitungan dapat dilakukan dengan cepat.
KOMPONEN
CBIS yaitu:
a. Masukan
b. Model
c. Keluaran
d. Teknologi
e. Basis
Data (Databases)
f. Kendali
ELEMEN
OPERASIONAL SISTEM INFORMASI
KOMPONEN FISIK :
Perangkat Keras
Perangkat Lunak
Database
Prosedur Operasional
Personil
FUNGSI
PENGOLAHAN :
Pengolahan Transaksi
Pemeliharaan File Induk
Menghasilkan Laporan
Melayani Inquiry
Menangani Aplikasi Penunjang
Ringkasan
Modul 2-3
Klasifikasi SI
n Level
organisasi
n Area
fungsional
n Dukungan
yang diberikan
n Arsitektur
sistem informasi
n dll
Menurut Level Organisasi
n Sistem
informasi departemen
Sistem
informasi yang hanya digunakan dalam sebuah departemen
n Sistem
informasi perusahaan
Sistem terpadu yang dapat dipakai oleh sejumlah
departemen
secara bersama-sama
n Sistem
informasi antarorganisasi
Sistem informasi yang menghubungkan dua organisasi
atau lebih
Contoh: SI pada Wal-Mart dan B2B
Sistem
Informasi Dalam Perusahaan
n Sistem
informasi pribadi
n Sistem
informasi kelompok kerja (workgroup information system), dan
n Sistem
informasi perusahaan (enterprise information system)
Sistem Informasi Fungsional
n Sistem
informasi akuntansi (Accounting information system)
n Sistem
informasi keuangan (Finance information system)
n Sistem
informasi manufaktur (Manufacturing/production information system)
n Sistem
informasi pemasaran (Marketing information system atau MKIS)
n Sistem
informasi SDM (Human resources information system atau HRIS)
Perspektif tentang SI
n Sistem
Informasi selain SIA adalah tergolong SIM (Hall, 2001)
n SIA
adalah bagian dari SIM (Romney dkk., 1997)
n Sistem
informasi justru merupakan subsistem bagi sistem informasi fungsional yang lain (McLeod,
1998)
Berbagai
Nama SI Manufaktur
n ROP
(reorder point), yakni suatu sistem yang mendasarkan keputusan
pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali (reorder point). Merupakan
sistem ifnormasi manufaktur yang paling sederhana
n MRP
(meterial requirements planning), yakni
suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan
baku yang diperlukan dalam proses produksi
n MRP
II (material resource planning), yakni
suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada
bengkel kerja (shop floor operation). Sistem ini tidak mengontrol mesin
dalam bengkel kerja, melainkan sistem informasi ini hanya mencoba memperkecil
sediaan dan memperkerjakan mesin secara efektif.
n JIT
(Just-in-time), yakni suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui
pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di
bengkel kerja pada saat diperlukan atau “tepat pada waktunya” (just in time).
n CIM
(computer integrated manufacturing)
merupakan suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan
proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas
tinggi secara efisien.
Implementasi
CIM
n Menyederhanakan
proses produksi, perancangan produk, organisasi pabrik sebagai dasar yang
penting untuk pengotomasian dan pengintegrasian
n Mengotomasikan
proses-proses produksi dan fungsi-fungsi bisnis yang mendukungnya dengan
komputer, mesin, dan robot.
n Mengintegrasikan
seluruh proses produksi dan pendukungnya dengan memakai komputer, jaringan
komunikasi, dan teknologi informasi yang lain
Sistem
Informasi Pemasaran
n Sistem
informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi pemasaran.
n Mendukung
keputusan yang berkaitan dengan bauran pemasaran (marketing mix), yang
mencakup:
¨
produk (barang dan jasa) yang
perlu ditawarkan
¨
tempat yang menjadi sasaran
pemasaran
¨
promosi yang perlu dilakukan
¨
harga produk
Sistem
Informasi SDM
n Sistem
informasi sumber daya manusia biasa disebut HRIS
n Istilah
lain yang sering dipakai yaitu HRMIS (Human Resource Management
Information System) dan HRMS (Human Resource Management System)
n Sistem
informasi yang menyediakan informasi yang dipakai oleh fungsi personalia.
Misalnya berisi informasi gaji, ringkasan pajak, dan tunjangan-tunjangan,
hingga kinerja pegawai
Sistem
Informasi Berdasarkan Dukungan Kepada Pemakai
n Sistem
Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System atau TPS)
n Sistem
Informasi Manajemen (Management Infromation System atau MIS)
n Sistem
Otomasi Perkantoran (Office Automation System / OAS)
n Sistem
Pendukung Keputusan (Decision Support System atau DSS)
n Sistem
Informasi Eksekutif (Executive Infromation System atau EIS)
n Sistem
Pendukung Kelompok (Group Support System atau GSS)
n Sistem
Pendukung Cerdas (Intelligent Support System atau ISS).
Mengingat EIS, DSS, dan MIS digunakan untuk mendukung
manajemen, maka ketiga sistem ini sering disebut sebagai sistem pendukung
manajemen (management support system atau MSS
Sistem
Pemrosesan Transaksi
n Sistem
informasi yang pertama kali diimplementasikan
n Fokus
utama pada data transaksi
n Sesuai
dengan namanya, sistem informasi ini
digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan memproses data transaksi serta
kadangkala mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transaksi.
n Contoh
yang mengendalikan keputusan adalah sistem pemrosesan transaksi yang sekaligus
dapat memvalidasi keabsahan kartu kredit atau mencarikan rute pesawat terbang
yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Karakteristik SPT
·
Jumlah data yang diproses sangat besar
·
Sumber data umumnya internal dan keluaran terutama
dimaksudkan untuk pihak internal (meskipun bisa juga diperuntukkan bagi mitra
kerja)
·
Pemrosesan informasi dilakukan secara teratur: harian,
mingguan, dan sebagainya
·
Kapasitas penyimpan (basis data) besar
·
Kecepatan pemrosesan yang diperlukan tinggi karena
volume yang besar
·
Umumnya memantau dan mengumpulkan data masa lalu
·
Masukan dan keluaran terstruktur. Mengingat data yang
diproses cukup stabil, data diformat dalam suatu standar
·
Level kerincian yang tinggi mudah terlihat terutama
pada masukan tetapi seringkali juga pada keluaran
·
Komputasi tidak rumit (menggunakan matematika
sederhana atau operasi statistik)
·
Memerlukan kehandalan yang tinggi
·
Pemrosesan terhadap permintaan merupakan suatu
keharusan. Pemakai dapat melakukan permintaan terhadap basis data
Pemrosesan
HYBRID
n Merupakan
perpaduan antara pemrosesan batch dan online
n Model
seperti ini dijumpai pada beberapa sistem POS (Point-of-sale). Data
dimasukkan seketika ke dalam komputer ketika transaksi terjadi, tetapi
pemrosesan lebih lanjut (misalnya pemutakhiran ke sediaan) dilakukan pada waktu
malam hari.
n Model
seperti ini juga sering dilakukan pada bank yang offline (belum tersedia
layanan komunikasi ke pusat atau komunikasi sedang terputus).
Macam
Laporan SIM
n Laporan
periodis adalah laporan yang dihasilkan dalam selang waktu
tertentu seperti harian, mingguan, bulanan, kwartalan, dan sebagainya.
n Laporan
ikhtisar adalah laporan yang memberikan ringkasan terhadap
sejumlah data/informasi.
n Laporan
perkecualian adalah laporan yang hanya muncul kalau terjadi
keadaan yang tidak normal. Sebagai contoh, manajer pembelian mungkin memerlukan
laporan pengiriman barang dari pemasok yang sudah terlambat satu minggu.
Laporan ini hanya muncul kalau keadaan yang diminta terpenuhi.
n Laporan
perbandingan adalah laporan yang menunjukkan dua atau lebih
himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk dibandingkan
Laporan
SIM
Terkadang SIM juga
menyediakan laporan yang yang tergolong sebagai demand (Ad Hoc) report,
yaitu jenis laporan yang dapat diminta sewaktu-waktu dan pemakai dapat mengatur
sendiri tataletak informasi yang diperlukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar