Jumat, 06 Desember 2013

arinta prasakti - komunikasi data



Makalah PTI ARINTA PRASAKTI

MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMUNIKASI DATA
Dosen: Hari Agung B, M.Kom


Nama        : Arinta Prasakti
Kelas         : 1P52
NIM          : 13.230.0131
Kelompok : 4


KATA PENGANTAR
                    
Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas mengenai Facebook.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengertian, sejarah, prinsip kerja tentang facebook. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
 Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan .  Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian. 
                                                                                                    Pekalongan,      Desember 2013

                                               BAB I            
PENDAHULUAN

A.   PENGERTIAN FACEBOOK
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu.


B.  SEJARAH FACEBOOK
Sejarah Facebook, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.

Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!

C.   FUNGSI FACEBOOK

Adapun fungsi facebook, yaitu
-          Sarana komunikasi
Chatting di facebook merupakan salah satu media penyalur berita terhangat seputar artis, selebriti dan orang yang terdekat dengan kamu. Sehingga dengan berbincang-bincang di facebook, kita bisa mengetahui keadaan dan kabar sanak saudara yang sedang berada jauh.
-          Mencari teman yang dikasihi
Dengan menggunakan facebook, kita dapat mencari teman kita yang sangat kita rindukan dengan meng-klik tombol “Add Friend”.
-          Menambah Pergaulan
-          Menambah pengalaman
Dengan chatting di facebook, kita dapat menambah pengalaman dalam urusan berteman. Agar kelak ketika kita sedang berselisih dengan teman yang lain, kita dapat lebih tenang dalam menghadapi perselisihan tersebut.
-          Menambah Penghasilan
Chatting di facebook, menurut Trio Gulamo, dapat menambah penghasilan. Salah satunya yaitu dengan cara berjualan pakaian, sepatu, tas dan lain-lain  secara online.
-          Iseng - iseng narsis dengan menampangkan fotonya di profile.
-          Maen game, kan banyak tuch game di facebook. yang paling sering di mainkan ya Mafia wars dan holdem zinga poker kemudian ada lagi perang genk, dan farmville dan masih banyak lagi game - game facebook yang bisa anda nikmati.


-          Dan yang satu ini mengerikan, yaitu untuk Modus kejahatan penipuan dan penculikan. ngeri... makanya hati - hati bagi para anak anak dan para cewek yang kenalan lewat facebook atau internet jangan mudah percaya dengan orang yang belum anda ketahui latar belakangnya.


BAB 2
ISI
Cara membuat facebook

Adapun langkah-langkah membuat facebook, yaitu:

a.       Anda harus membuka situs facebook terlebih dahulu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA6huNIH2QwTCHJ8yOiLTC-LLpAJbU5cSViqpEMIu0GUNWSVdhEiIp7BrY26U2O3-mhCGV9xvS2U5IdrPXXVN1L08LjaMF8qGBorS0g4uPnMRYgysisxDMg-u-6FtoG6knHXVTp5cgPCtI/s1600/Cara-Membuat-Facebook.gif
b.       Isikan data-data anda seperti gambar dibawah ini. Jika sudah anda lanjutkan dengan mengeklik tombol mendaftar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQGW62QX2Oz4c7ZuuwndsAckg4cJWKjazM9QomUSRVEZaVatUjEvFJrLoKTnhnbGltQOTN346E4H4IzxcI_9KZSkL-yzaIPoFlKZyK4r86KOv65OiHRZqGGWDTODl8_6CSj14QTWBYdGQ/s1600/fb-kolom.jpg

c.        Anda disuruh untuk mengisikan captcha atau pemeriksaan keamanan seperti gambar dibawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh03z2yHSAeRpaOXjJ1TXegpTWYwKNUxh3xBI972ZCJXzNbyc-vuLa_x8k_cH_0NV79S_xGa-QE9JeYRSykQ-cEKatCf0q8yMpdwIVEuYqLr4zDHJpv8pBdBluz3pfkQ6COrPy0IdO9v4Lt/s1600/Cara-Daftar-Fb.gif
d.      Jika anda sudah melakukan cara ke 3 anda akan menemui halaman seperti dibawah ini, lalu pilih lewati langkah ini seperti gambar dibawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSA0D_RsDNKn3JUCcslMfrB7Wt3UPyaeNWLlVruy9ILdHfms0wW3and3i5JULbWiaPUw_c2ipGmBuBeHUXeLlN9oapu9CDVinRQVseO3cbAN8WeQ2_notpQjOjtT5JEzAbfJib8xN-rNgI/s1600/daftar_facebook+3.bmp
e.         Untuk yang kelima ini terserah anda mau di isi atau tidak terserah, jika anda ingin mengisi silahkan di isi lalu tekan tombol simpan dan lanjutkan. Jika tidak mau mengisi silahkan tekan tombol lewati seperti gambar di bawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4TvnTJD2L01l4axbMHwpFtTHIScPSOkDjB7NSxWduShfa0tg8PICDxc4_FrZHGPL8hX8crqieyKrB_XSDvUt38LKh9ll4zQPRFmecZm3eGjBY6c2Peuxu8MTaOU3aDUBt6GaKrj0XysN0/s1600/membuat-facebook.gif
f.         Pada langkah ke 6 ini anda harus mengunggah foto, namun ini bisa dilakukan di belakangan jadi langsung saja kita lewati.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgubcJlWjkl7pU184dllaC4hvEDPNEeoHNX7wWb_e5oq7eQX275A6sdS_ytKXCDsWAkM2GpKKI5VL41I1Mc6GQ_hGChgoMNk1XoFNHhZwkkz00bWhI7qPpyTHLGV09mB_rDbv0DLC_jwUVm/s1600/Cara-Daftar-Facebook.gif
g.        Untuk langkah ke 7 ini anda abaikan dulu akun facebook anda dan bukalah email anda lalu cari kode verifikasi dari facebook seperti gambar di bawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijVb666DcDqYUVWvxWyw-P_yAPDiyfpwxwGf_zJ8xkWX1Zwedt4ez1E20HA9_TM01bieNxF4qlJvQuN9HFW-6LQfuguOOuYsAQ_xJGLiXnhMkTimNKPqcTcNEQa9MBX1DfOd2VbMXBrNwK/s1600/Daftar-Facebook-fb.gif
h.        Klik link kode verifikasi tersebut dan sekarang akun facebook anda sudah jadi, sekarang anda bisa memperbaiki akun facebook anda dengan mengunggah foto anda, update status dll.


D.  Cara Kerja Facebook

Facebook??? Tentunya kata-kata itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita.. Facebook sekarang ini sudah sangat melekat dengan kehidupan kita. Tapi apakah kalian mengerti dengan cara kerja dari Facebook?? Kenapa facebook bisa melayani semua orang didunia ini dengan nyaman??
Untuk menjelajahi Facebook, Anda harus membuat account gratis di situs. Facebook persyaratan penggunaan anggota harus menyatakan bahwa sekurang-kurangnya 13 tahun, dan setiap anggota berusia antara 13 dan 18 harus terdaftar di sekolah. Facebook membutuhkan anggota baru untuk memberikan yang valid alamat e-mail sebelum menyelesaikan pendaftaran. Setelah Anda membuat account dan menjawab beberapa pertanyaan tentang di mana Anda bekerja, di mana Anda pergi ke sekolah dan di mana Anda tinggal, Facebook akan menghasilkan sebuah profil untuk Anda.
Facebook menyediakan beberapa cara untuk menemukan teman-teman:
* Anda dapat menelusuri dan bergabung dengan jaringan, yang diselenggarakan dalam empat kategori: daerah (jaringan yang terhubung ke kota atau negara tertentu), perguruan tinggi, tempat kerja dan sekolah tinggi. Setelah Anda bergabung dengan jaringan, Anda dapat menelusuri melalui daftar anggota dan mencari orang yang Anda kenal. Anda dapat mengurutkan orang dengan usia, jenis kelamin, status hubungan, pandangan politik dan kriteria lainnya.
* Anda dapat membiarkan kontak Facebook menarik dari sebuah Web-based e-mail Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus memberi Facebook alamat e-mail dan password. Facebook menggunakan sebuah program yang mencari melalui e-mail Anda kontak dan membandingkan daftar keanggotaan terhadap database. Facebook Setiap kali menemukan sebuah pertandingan, itu memberikan anda pilihan untuk menambahkan orang sebagai teman.
* Anda dapat menggunakan mesin pencari Facebook untuk mencari orang tertentu. Ketik nama orang ke dalam kolom pencarian, dan Facebook akan menampilkan setiap profil yang cocok dengan nama.
Aplikasi Facebook
Aplikasi Facebook membedakannya dari situs jaringan sosial lainnya. Pertama facebook aplikasi pihak termasuk foto, video, kelompok, peristiwa, pasar, diposting item, catatan dan hadiah. Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Facebook dan tersedia untuk semua anggota. Berikut adalah rincian singkat tentang apa yang masing-masing aplikasi tersebut:
* Foto-foto memungkinkan Anda untuk meng-upload foto sebanyak yang Anda suka. Jika Anda memiliki foto anggota Facebook lain, Anda dapat menandai foto dengan nama anggota. Setelah memberikan tag pada foto, itu akan muncul baik di album foto Anda dan pada profil teman Anda.
* Facebook aplikasi video serupa dalam banyak cara untuk YouTube. Anggota dapat meng-upload video di hampir setiap format, tetapi Facebook permintaan bahwa semua file yang berada di bawah 100 megabyte dan video yang lebih pendek dari dua menit. Facebook mengkonversi video ke dalam flash (. Flv) format.
* Dengan kelompok aplikasi, Anda dapat bergabung dengan anggota lain ‘kelompok-kelompok kepentingan atau Anda dapat membuat salah satu dari Anda sendiri.
* Peristiwa-peristiwa memungkinkan Anda untuk mengundang anggota Facebook lain untuk kehidupan nyata pengumpulan.
* Facebook pasar adalah mirip craigslist – itu mari anggota berhubungan dengan orang lain yang ingin membeli atau menjual barang. Semua transaksi terjadi secara langsung antara anggota – hanya Facebook host pertukaran, ia tidak terlibat dalam penjualan.
* Item aplikasi yang dikirimkan dapat digunakan untuk posting video, lagu atau apa pun di halaman Web untuk profil Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan URL halaman Web ke dalam lapangan posting di Facebook. Aplikasi menghasilkan gambar kecil dari halaman target yang berfungsi sebagai hyperlink. Teman Anda dapat klik pada thumbnail untuk mengunjungi situs Web yang Anda pikir itu seru dan menarik.
* Dengan hadiah aplikasi, Anda dapat mengirim anggota lain hadiah virtual dalam bentuk ikon kecil. Ada puluhan hadiah untuk dipilih, semua didesain oleh Susan Kare, yang menciptakan ikon bagi sistem komputer Macintosh yang asli. Hadiah pertama gratis, tetapi semua hadiah berikutnya biaya $ 1 dan memerlukan kartu kredit – Facebook tidak menerima PayPal. Facebook menyumbangkan hasil dari hadiah memberi kepada organisasi amal. Dapat hadiah privat atau publik, dan Anda dapat memasukkan pesan dengan hadiah.
.Taukah teman-teman, berapakah jumlah server facebook saat ini??
Jumlah server yang dipakai facebook sendiri sekarang berjumlah sekitar 30.000 server.Jumlah server itu meningkat sebanyak 20.000 server selama 18 bulan dihitung dari bulan April 2008. Facebook juga menyediakan Facebook photo storage operation sebesar 80 miliar image (dimana ada 20 milar image sietiap ukuran) hal ini menjadikan facebook melayani 600.000 poto setiap detiknya.
Facebook mengatur lebih dari 25 terabytes data perhari, hal ini juga berarti facebook bisa melakukan pengiriman surat sebanyak 1000 kali perhari oleh U.S Postal Service. Facebook memperkerjakan sekitar 230 orang karyawan, dimana mereka mengatur lebih dari 300 juta pengguna. Hal ini juga berarti setiap karyawan yang bekerja facebook mengatur 100 juta pengguna facebook yang aktif.
Penambahan server dari 10.000 menjadi 30.000 inikah yang menyebabkan facebook dapat diakses dengan nyaman oleh semua orang dibelahan dunia ini. Ditambah dengan semakin banyaknya karyawan yang diperkerjakan oleh facebook sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar