MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
TATA RUANG KOMPUTER PADA
WARNET ANDREA
Dosen: Hari Agung B, M.Kom
NAMA : MUHAMMAD THOHIR
NIM : 13.230.0094
KELAS : IP52
STMIK WIDYA PRATAMA
PEKALONGAN
TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, karena dengan rahmat,
hidaya dan inayah-Nya sehingga makalah ini dapat selesai dengan tepat waktu
sebagai salah satu tugas Pengantar Teknologi Informasi di semester satu ini.
Makalah yang berjudul: TATA RUANG KOMPUTER PADA WARNET ANDREA.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari sempurnah, mengingat keterbatasan kemampuan, pengetahuan dan waktu yang
kami miliki. Untuk itu segala pendapat, kritik dan saran yang bersifat
konstruktif diharap dapat membantu sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini
bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca yang budiman.
Akhirnya semoga Allah SWT mencatat semua
amal yang besar maupun yang kecil dengan ridho dan pahala yang dapat dipetik
melainkan buah amal yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT, semoga Allah SWT
menerima do’a dan harapan ini. Amin
Pekalongan,
Desember 2013
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Semakin
maraknya pemakai internet di Indonesia, membuat para investor melirik peluang
ini menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan, ternyata bisnis ini juga diminati
oleh para pengusaha tanggung yang hanya memiliki modal pas-pasan, untuk pebisnis yang disebutkan
terakhir, tentunya agar keinginan bisnis ini dapat tercapai harus melakukan penekanan terhadap biaya.
Salah satu biaya yang sangat besar adalah pada saat pembuatan jaringan,
instalasi perangkat keras dan perangkat lunaknya, karena pengetahuan ini hanya
didominasi oleh para konsultan dan pebisnis spesialis.
Berdasarkan hal diatas maka penyaji makalah sangat tertarik untuk
memaparkan bagaimana untuk melakukan instalasi sendiri untuk pendirian sebuah
warnet, adapun yang akan diuraikan adalah berawal dari pengenalan perangkat apa
saja yang digunakan untuk sebuah warnet sederhana, bagaimana cara menggunakan
alat dan bagaimana meng instalasi warnet sampai dapat dipergunakan.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Mengetahui definisi/pengertian
2.
Mengetahui
3.
Mengetahui
1.3 Tujuan pembahasan
Makalah ini disusun selain untuk memenuhi
tugas mata kuliah Penggantar Teknologi
Informasi, juga untuk menambah wawasan kita mengenai TATA RUANG KOMPUTER PADA WARNET ANDREA.
BAB II
PEMBAHASAN
Internet disamping sebuah hobby juga sangat
penting untuk perolehan informasi dengan cepat dan murah, untuk saat ini hanya
orang-orang tertentu saja yang dapat menikmati itu, yaitu yang mampu membeli
satu set personal komputer dan mampu
berlangganan ke sebuah proivider yang ada.
Para pebisnis warnet adalah orang yang sangat
berjasa untuk memasya rakatkan internet sehingga para pengguna saat ini tidak
hanya terbatas orang-orang tertentu, tapi sudah merambah dari masyarakat biasa, mahasiswa sampai pelajar, karena dengan
uang hanya lima ribu rupiah kita sudah dapat menikmati internet selama dua
jam.
Ternyata cara yang terakhir ini banyak
dinikmati oleh masyarakat, oleh karena itulah warnet mulai tumbuh dimana-mana,
akan tetapi satu hal yang dilupakan para pengusaha warnet, dia tidak melakukan
strategi pasar, paling tidak melakukan persaingan, persaingan yang terpenting
adalah tentang kualitas, kualitas yang dimaksud adalah pengelolaan sebuah
warnet yang sedemikian rupa sehingga membuat para pelanggan betah untuk
berlama-lama.
Untuk mengetahui itu semua, ikuti
uraian lebih lanjut bagaimana kiat membangun sebuah warnet yang benar-benar
diciptakan secara sendiri.
Anggaran Belanja
Dana yang harus disiapkan adalah minimal dari total yang akan di belanjakan
pada Daftar di bawah ini, yaitu :
1.
Tempat (kontrakan) + Rehab, termasuk listrik
2.
Promosi
3.
Server dengan spesifikasi (satu unit) & tempat
4.
Work station dengan spesifikasi & meja, kursi
5.
Hub (port sesuai dengan jumlah WS)
6.
Kabel UTP & RG45 + Krimping
7.
Modem / PCMCIA
8.
Perangkat kasir
9.
Fasilitas tambahan
Tempat (kontrakan) + Rehab, termasuk listrik
1. Merupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk tempat berlangsungnya usaha
warung internet.
2. Biaya rehab, terdiri dari : pembersihan ruang, halaman, pengecatan, dll.
3. Menaikkan daya listrik
Server dengan spesifikasi (satu unit) & tempat
Diutamakan memiliki spesifikasi lebih tinggi dari WS. Server juga bisa
disatukan dengan computer kasir.
Workstation
1. Untuk warnet tidak dibutuhkan spesifikasi komputer yang canggih.
2. Meliputi seperangkat komputer + Meja dan kursi
3. Untuk komputer disarankan Pentium 233 + multimedia
Hub
Digunakan untuk menghubungkan antar komputer secara fisik. Jumlah port
disesuaikan dengan jumlah WS.
Kabel UTP & RG45 + Krimping tool
1.
Total
panjang kabel UTP diukur dari setiap WS ke HUB.
2.
Krimping
tool digunakan untuk meyatukan RG45 dengan kabel UTP.
Modem / PCMCIA
1. Modem digunakan untuk koneksi ke internet menggunakan saluran telepon.
2. PCMCIA + antena digunakan jika koneksi ke internet menggunkan Wireless.
Perangkat kasir
1. Seperangkat komputer sebagai tempat pembayaran penggunaan jasa internet.
2. Bisa disatukan dengan komputer server.
Fasilitas tambahan
1. Printer dan Scanner disarankan
menggunkan komputer tersendiri
2. Sofa sebagai tempat tamu di
ruang tunggu
3. Penyejuk ruangan (AC)
4. Minuman dan makanan ringan
5. Bahan bacaan bagi tamu
6. dll
Koneksi Internet
Hal yang harus diperhitungkan dalam memilih
keneksi ke internet antara lain :
1. Kecepatan (bandwidth)
Bandwidth harus diperhitungkan dengan jumlah komputer yang tersambung.
Karena akan mempengaruhi kepuasan komsumen dalam akses internet.
2. Biaya pengadaan
Biaya
pengadaan tergantung dari jenis koneksi yang dipilih, jenis koneksi yang ada
antara lain :
a.
Telepon (pasang baru, provider)
b.
Lies Line (semua biaya dalam satu provider)
c.
Telkom net instant (biaya termasuk dalam pemakaian telepon)
d.
telkom net turbo (telepon sebagai up stream dan vsat sebagai down stream)
e.
Wireless
(tidak menggunakan telepon)
f.
Dll
3. Biaya koneksi
Perbandingan antara pemasukan dari segi penggunaan internet dengan
pengeluaran dari segi koneksi internet harus dalam posisi menguntungkan.
Hal
ini juga mempengaruhi tarif penggunaan jasa warnet.
4. Dll
Lokasi Warnet
Yang harus perhatikan dalam memilih lokasi adalah bahwa lokasi tersebut
memiliki pangsa pasar yang cukup besar.
Lokasi yang memiliki pangsa
pasar demikian antara lain :
1. Turis
2. Kampus
3. kost
4. dll
Tata Ruang Warnet
Setelah memilih lokasi yang tepat , kini perlu diperhatikan dalam menata
ruang warnet :
1. Tata ruang dirancang senyaman mungkin, sirkulasi udara lancar.
2. Disarankan menggunakan pendingin ruangan.
3. Tempat kasir diusahakan samping lorong masuk kamar WS
4. Tempat server jauh dari jangkauan tangan yang tidak berhak
5. Ruang WS tidak terlalu sempit
6. Ruang tunggu disediakan bacaan, tv, dll
7. dll
Instalasi
Meliputi instalasi jaringan,
seting jaringan, seting koneksi. Diantaranya :
1.
Pemasangan
WS pada kamar-kamar + perangkat lunak
2.
Pemasangan server
pada tempatnya berikut perangkat lunak
3.
Pembuatan
kabel jaringan (UTP + RG45) serta pengaturan letak kabel sampai pada HUB dan
pemberian alamat (IP) pada masing-maing WS.
4. Pengaturan koneksi dari server ke provider kemudian membagi koneksi kepada
WS.
Pengetahuan yang kita butuhkan
antara lain :
1. Kerimping kabel UTP dengan RG 45 (menggunakan krimping tools)
2. Menghubungkan setiap WS dengan server menggunakan HUB
3. Memberi alamat setiap komputer (IP address)
4. Menghubungkan server dengan internet
5. Membagi sambungan internet kepada WS.
6. Memanajemen jaringan
7. dll
Instalasi Billing
Billing yang merupakan pencatat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan oleh
pemakai internet. Ini untuk
mempermudah bagi konsumen untuk melihat sudah berapa lama menggunakan internet
biaya yang harus dikeluarkan.
Selengkapnya pada pemakalah
dua.
DESAIN WARNET
Terdapat
beberapa jenis desain ruang warnet yang dapat anda terapkan untuk warnet yang
akan anda buat, berikut jenis-jenis desain warnet yang mungkin membuat anda tersenyum
:
1.
Model Tertutup (Closed System)
Model seperti ini sangat cocok jika anda ingin mempertahankan privasi
pelanggan dengan meletakkan Komputer pelanggan berhadapan dengan tembok. Jenis
ini juga menjadi solusi jika anda ingin membangun Warnet dengan jumlah 10 PC.
2. Model Terbuka (Open System)
Anda tidak
perlu lagi memikirkan tentang privasi pelanggan, untuk model jenis ini artinya
anda akan menciptakan Warnet yang aman. Tindakan-tindakan pelanggan yang kurang
menghargai infrastruktur dapat anda minimalisir dengan baik.
3.Model
Terbuka dan Tertutup
Dengan menggabungkan kedua sistem diatas maka anda tidak perlu bingung
lagi tentang kenyaman pelanggan.
4. Model Kafe (Resto System)
Jenis seperti
ini sepertinya kurang kita temukan di Indonesia karena biaya yang akan anda
keluarkan cukup besar. Sebenarnya model jenis Resto ini digunakan untuk
memfasilitasi pelanggan dalam menikmati makanan dan minuman. Anda bisa
memadukan Warnet dengan bisnis Kafe atau
makanan yang akan memberikan penghasilan lebih.
5.
Model Lesehan
Sepertinya sekarang banyak pebisnis Warnet menyukai model ini. Anda
dapat meminimalisir pengeluaran dan menghemat ruangan. Jenis ini cocok untuk
Warnet Game Online.
Kesimpulan
Ciptakan
Desain Ruangan sesuai dengan kebutuhan anda, ruangan besar dengan komputer
sedikit membuat ruang anda terlihat membosankan. Sebaliknya ruangan kecil
dengan jumlah computer banyak membuat udara sangat panas. Karena kenyaman pelanggan adalah kunci anda
berhasil.
Diposkan
oleh Fajar Herlambang
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Kenyaman dalam tata ruang warnet adalah hal
yang penting di lakukan bagi kenyamanan pelanggan dan juga koneksi internet
yang cepat. Ciptakan Desain Ruangan sesuai dengan kebutuhan anda, ruangan besar
dengan komputer sedikit membuat ruang anda terlihat membosankan. Sebaliknya
ruangan kecil dengan jumlah computer banyak membuat udara sangat panas. Karena kenyaman pelanggan adalah kunci anda
berhasil.
DAFTAR
PUSAKA
Diposkan oleh Fajar Herlambang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar