Jumat, 06 Desember 2013

MAKALAH TOPOLOGI RING OLEH: VAIRUZ SABILA (tugas 2)



TOPOLOGI RING






Oleh:
 VAIRUZ SABILA [13.230.0085]






PROGRAM STUDI SISTEM INFORMATIKA
 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK WIDYA PRATAMA
2013 

   A.     Apakah yang dimaksud dengan topologi ?
 Topologi merupakan suatu hal yang menjelaskan bagaimana unsur unsur dasar penyusun jaringan yang berupa node, link, station saling terhubung secara geometris. Bisa disederhanakan, topologi merupakan berbagai cara menghubungkan jaringan komputer dalam skala tertentu untuk suatu keperluan.
Topologi ring atau yang biasa juga disebut sebagai topologi cincin karena bentuknya seperti cincin yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan pada sebuah cincin. Cincin ini hampir sama fungsinya dengan concenrator pada topologi star yang menjadi pusat berkumpulnya ujung kabel dari setiap komputer yang terhubung satu sama lain.
 



Topologi ring merupakan topologi yang alur datanya berbentuk cincin. Topologi ini menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya atau dengan kata lain setiap node terhubung ke node yang selanjutnya.Kemudian node yang terkhir terhubung ke node yang pertama. Jadi dalam topologi tersebut tidak ada awal dan tidak ada akhir dan semua semua komputer bisa mempunya dua sifat yaitu sebagai client dan server. Ketika suatu komputer mengirim data ke komputer yang lain, maka data tersebut akan melewati komputer-komputer sampai komputer tujuan. Jadi setiap data yang dikirim tersebut akan tersentuh oleh komputer yang dilewatinya. Setelah data tersebut sampai, maka komputer penerima tersebut akan mengirim data juga ke komputer pengirim.
Topologi ini menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya.Topologi cincin juga merupakan topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.
Secara lebih sederhana lagi topologi cincin merupakan untaian media transmisi dari satu terminal ke terminal lainnya hingga membentuk suatu lingkaran, dimana jalur
transmisi hanya berada pada jalur “satu arah”.


B    Skema rangkaian topologi ring
Salah satu bagian dari komponen penyusun rangkaian topologi ring adalah node. Lalu apakah yang dimaksud dengan node itu? Node merupakan Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node.

C.    Cara kerja Jaringan Ring
Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya yang berada  dalam rangkaian ring, dan yang berada dalam struktur rangkaian tersebut mengirim apa yang diterima dari komputer sebelumnya. Pesan-pesan ini mengalir melalui rangkaian ring dalam satu arah. Setiap komputer yang berada dalam rangkaian ini akan mengirimkan apa yang diterimanya dalam sistem jaringan yang aktif.Pada siklus rangkaian jaringan ring tidak memiliki akhir,yakni digambarkan sebagai suatu ilustrasi bentuk skema rangkaian yang terhubung dalam rangkaian ini berbentuk seperti cincin yang terkoneksi satu sama lain dalam jaringan aktif,karena setiap bagaian,yakni unit komputer yang terhubung dalam rangkaian jaringan ini akan melakukan token passing.yakni  Pesan singkat yang disebut dengan token,dijalankan melalui ring atau siklus rangkaian jaringan ring  sampai sebuah komputer dapat  mengirim informasi
kekomputer yang lain.Ketika  Komputer selanjutnya telah menerima pesan tersebut, lalu ia akan mengubah token tersebut, dengan menambahkan alamatnya dan menambah data, serta mengirimnya melalui prosedur urutan aliran jaringan ring. Kemudian setiap komputer secara berurutan akan menerima token tersebut dan mengirimkan informasi ke komputer selanjutnya sampai komputer dengan alamat yang dituju dicapai atau token kembali ke computer pengirim (asal pengirim pesan). Komputer penerima akan membalas pesan ke asal pengirim pesan tadi dengan mengindikasikan bahwa pesan sudah diterima. Lalu komputer sebelumnya atau komputer pengirim pesan akan membuat kembali token yang lain dan menaruhnya di dalam jaringan, dan token tersebut akan terus berputar sampai ada komputer lain yang menangkap token tersebut dan siap untuk memulai pengiriman.

D.    Ciri-ciri topologi ring
1. Teknologi IBM yang biasa dipasangkan dengan mesin IBM AS/400.
2. Menggunakan Standar IEEE 802.5.
3. Secara Alur dan tata letak fisik alur Jaringannya Membentuk “cincin”.
4. Setiap segmen di hubungkan dengan “hub central” MSAU = Multistation Access  Unit
5. Konektor AUI : Attachment User Interface
6. Teknologi token pasing untuk mengirimkan paket data dalam ring
7. Jika komputer satu down maka data masih bias mengalir
8. Discontinue Support

E.     Prinsip Koneksi Topologi Ring

                                 ·            Penyelipan data adalah proses dimana data dimasukkan kedalam saluran transmisi oleh terminal pengirim setelah diberi alamat dan bit-bit tambahan lainnya.
                                 ·            Penerimaan data adalah proses ketika terminal yang dituju telah mengambil data dari saluran, yaitu dengan cara membandingkan alamat yang ada pada paket data dengan alamat terminal itu sendiri. Apabila alamat tersebut sama maka data kiriman disalin.
                                 ·            Pemindahan data adalah proses dimana kiriman data diambil kembali oleh terminal pengirim karena tidak ada terminal yang menerimanya (mungkin akibat salah alamat). Jika data tidak diambil kembali maka data ini akan berputar-putar dalama saluran. Pada jaringan bus hal ini tidak akan terjadi karena kiriman akan diserap oleh “terminator”.
                                 ·            Pada hakekatnya setiap terminal dalam jaringan cincin adalah “repeater”, dan mampu melakukan ketiga fungsi dari topologi cincin.
                                 ·            Sistem yang mengatur bagaimana komunikasi data berlangsung pada jaringan cincin sering disebut token-ring.

F.      Kelebihan Topologi Ring

1.      Semua komputer mempunya hak yang sama. Yaitu bisa sebagai client dan server serta tidak membutuhkan kendali pusat
2.      Menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan.
3.      Identifikasi kerusakan mudah karena sinyal data selalu bergerak lurus dari perangkat pengirim sampai perangkat tujuan.
4.      Aliran data mengalir lebih cepat karena dapat melayani data dari kiri atau kanandari server .
5.      Dapat melayani aliran lalulintas data yang padat,
karena aliran data dapat bergerak kekiri atau kekanan.
6.      Waktu untuk mengakses data lebih optimal karena  siklus rangkaian transmisi jaringan berada dalam jalur satu arah.
7.      Dari segi Ekonomis skematik topologi ring lebih  hemat biaya,karena penggunaan kabel yang diperlukan tidak membutuhkan  terlalu banyak kabel ,dan dari segi efisiensi tata letak,rangkaian layout kabel sangat sederhana dan mudah dikembangkan sesuai keperluan.

G.    Kekurangan Topologi Ring

1.      Sulit ketika menambah komputer atau mengurangi komputer. Karena semua komputer harus diset ulang pengaturan jaringannya
2.      Karena siklus jaringan melibatkan semua komputer yang  saling terhubung satu sama lain,Apa bila komputer yang satu rusak atau bermasalah,maka akan berdampak fatal secara keseluruhan terhadap kondisi jaringan.
3.      kepadatan lalu lintas jaringan (traffic Network) yang tinggi menyebabkan Rentan terhadap kerusakan jaringan.
4.      Kegagalan satu terminal / repeater akan memutuskan komunikasi ke semua terminal.
5.      Pemasangan terminal baru menyebabkan gangguan terhadap jaringan, karena terminal baru harus mengenal dan dihubungkan dengan kedua terminal tetangganya








 DAFTAR PUSTAKA

http://Teknik Konfigurasi LAN Oleh Jaka Fahrial dari Ilmu Komputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar