Jumat, 06 Desember 2013

Laela Khikmawati - Migrasi (Windows ke Linux)


MAKALAH MIGRASI
 (WINDOWS KE LINUX)
Dosen: Hari Agung B, M.Kom







LAELA KHIKMAWATI
13.230.0134
IP52

STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN 
TAHUN PELAJARAN 2013-2014





TENTANG WINDOWS

Windows merupakan sistem operasi yang paling sering kita jumpai pada saat ini karena kebanyakan orang lebih nyaman menggunakan sistem operasi windows dibandingkan dengan menggunakan sistem operasi lainnya. Windows sendiri mengalami perkembangan yang sangat pesat, beberapa sistem operasi windows yang sering kita jumpai adalah windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan yang terbaru adalah Windows 8.


Berikut saya jabarkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari windows.
Kelebihan sistem operasi windows:
  1. GUI yang familiar sehingga pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor.
  2. Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows.
3.      Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan.
4.      Pengguna bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan.
5.      Pengguna bisa sharing dari data aplikasi yang lain dengan mudah.
6.      Banyak didukung oleh vendor hardware dan software.
7.      Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secara bebas terhadap semua objek tertentu.

Kelemahan Sistem operasi Windows:
  1. Sistem operasi ini berbayar dengan lisensi yang mahal.
  2. Instalasi yang lebih rumit dibandingkan sistem operasi linux.
  3. Rentan terhadap serangan virus.
4.      System file yang agak kacau.
5.      Menyebabkan ketergantungan penggunaan terhadap produk Microsoft.
6.      Space hardisk yang dibutuhkan besar.
7.      Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers.
8.      Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
9.      Membutuhkan perawatan yang terus menerus dan prosedur yang sesuai dengan panduan yang ada saat menggunakannya.
10.  Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar yang rendah.

TENTANG LINUX

Berbicara tentang sistem operasi Linux sama halnya dengan berbicara mengenai perangkat lunak berbasis open source, yakni kode sumber sistem operasi yang dapat digunakan, dimodifikasi serta didistribusikan secara bebas bagi siapa saja yang menggunakan.
Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memiliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.
Linux mempunyai pendistribusian yang berisi kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus digunakan oleh Linux dan berusaha untuk menggabungkannya sehingga dapat menjadi sistem operasi yang berbasis Linux yang sering disebut distro Linux. Ada beberapa distro Linux yang telah berkembang yaitu Suse, Debian, Redhat, Ubuntu, Mandrake, Slackware, Blankon, dll. Kelebihan utama yang dimiliki oleh linux adalah pada sistem jaringannya.



Kelebihan sistem operasi Linux:
1.           Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2.           Sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan windows
3.           Adanya virtual memori / SWAP yang membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program yang besar.
4.           Linux sangat baik digunakan untuk jaringan.
5.           Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara : kompabilitas file system, kompabilitas network, dan emulasi (simulasi) operating system.
6.           Stabilitas, Linux sangat luar biasa stabil, jika dikonfigurasi dengan benar, system linux akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak), sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer, lain dengan windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas.
7.           Paket Linux merupakan satu kesatuan artinya, saat instalasi tergantung keinginan pemakai.
8.           Sudah mulai banyak didukung oleh vendor hardware maupun software dunia meskipun masih kalah dengan windows.
9.           Hampir semua aplikasi yang berjalan di OS Windows juga dapat dijalankan di OS sistem operasi Linux baik secara langsung maupun dengan menggunakan bantuan emulator seperti wine.
10.       Linux lebih aman terhadap ancaman virus bahkan hampir tidak pernah terkena virus. Sejak awal Linux di desain multi-user, sehingga jika virus menjangkiti user tertentu maka akan sangat sulit untuk menjangkiti atau menyebar ke user yang lain.
11.       Linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum.
12.       Linux mempu berjalan di dua mode, yaitu mode teks dan mode GUI namun pada umumnya modus teks (terminal) ini lah yang menjadi kekuatan Linux. Modus GUI sendiri memiliki banyak pilhan desktop environment-nya seperti KDE, Gnome, BlackBox, XFCE.
13.       Ada bermacam-macam pilihan pada linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.

Kelemahan sistem operasi Linux :
1.             Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat.
2.             Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux.
3.             Operating system yang tidak sepenuhnya GUI(Graphical User Interface) meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE
4.             Tampilan dari sistem operasi ini kurang menarik.
5.             Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu
6.             Karena OS Windows telah merajai pasar perangkat komputer sehingga membuat para user merasa takut untuk beralik ke OS Linux
7.             User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
8.             Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

ALASAN MIGRASI DARI WINDOWS KE LINUX
 

Dari Segi Keamanan
Linux lebih dikenal memiliki sistem keamanan yang cukup tangguh ketimbang Windows. Karena sebagian besar virus lebih senang menyerang windows. Tentunya kalau dilihat sekilas memang karena windows lebih banyak pemakai sehingga lebih menguntungkan menyerang windows ketimbang menyerang Linux. Kalaupun menyerang maka dilinux tidak mudah menyebar.
Dari Segi Harga OS 
Sebagian besar dari Linux adalah program gratis dan bebas untuk dipakai, meskipun katanya ada beberapa yang memang harus membayar untuk bagian technical support nya saja. Dibanding kan dengan windows yang harus merogoh kantong lebih dalam untuk memilikinya, belum lagi untuk aplikasi under windowsnya. Jadi kalau yang mau gratis ya pakailah linux, kalau windows mau gratis yang berarti bajak, dan itu tidak boleh karena melanggar lisensi.
Dari Segi Macamnya 
Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva. Berbeda dengan windows yang sampai saat ini hanya beberapa mulai dari starter sampai ultimate. Dan jangan khawatir karena hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux.
Dari Segi Spesifikasi yang Dibutuhkan 
Tentunya Linux bisa berjalan dengan ringan tanpa membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi seperti pada windows.



Kita belajar Linux tidak untuk mempersulit diri sendiri, tetapi kita sedang melakukan perbaikan  dalam mempelajari logika-logika dalam dunia komputer pada umumnya.
Dengan mengenal Linux kita jadi tahu bahwa suatu program bisa berjalan karena ada kernel, kita juga bisa tahu apa yang membuat sistem operasi berjalan, kita tahu analogi-analogi pemrograman dan juga konsep-konsep dasarnya.
Karena "Linux diciptakan hacker untuk hacker". (Linus Torvalds - Bapak Linux)



DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar