Jumat, 06 Desember 2013

MAKALAH JARINGAN WAN ALIN ALAINA

MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
JARINGAN KOMPUTER WAN
Dosen: Hari Agung B, M.Kom









                                NAMA  : ALIN ALAINA
                                NIM       : 13.230.0126
                                KELAS  : IP52



STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KATA PENGANTAR


   Segala puji bagi Allah SWT, karena dengan rahmat, hidaya dan inayah-Nya sehingga makalah ini dapat selesai dengan tepat waktu sebagai salah satu tugas Pengantar Teknologi Informasi di semester satu ini. Makalah yang berjudul: Jaringan Komputer WAN.
   Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurnah, mengingat keterbatasan kemampuan, pengetahuan dan waktu yang kami miliki. Untuk itu segala pendapat, kritik dan saran yang bersifat konstruktif diharap dapat membantu sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca yang budiman.
    Akhirnya semoga Allah SWT mencatat semua amal yang besar maupun yang kecil dengan ridho dan pahala yang dapat dipetik melainkan buah amal yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT, semoga Allah SWT menerima do’a dan harapan ini. Amin




 Pekalongan,    Desember  2013


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 1

PEMBAHASAN

 

 

JARINGAN KOMPUTER WAN

 

Pengertian dan Fungsi WAN



Pengertian WAN (Wide Area Network) yaitu merupakan jaringan komputer yang mencakup area lokasi yang lebih luas, dengan melibatkan kesatuan komputer yang lebih banyak. Hal ini sudah jelas berbeda dengan PAN, MAN atau mungkin LAN yang dibatasi dengan ruangan dan bangunan. WAN tidak dibatasi dengan ruangan ataupun bangunan namun cakupannya bisa antar benua.
WAN akan mampu mengkoneksikan para pengguna-pengguna jaringan dalam daerah jangkauan yang lebih luas. Hal ini akan membuat para Technical IT dapat melakukan sharing resource antar negara bahkan antar benua.

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.

Router berfungsi merawat dan mengatur address LAN dan juga WAN. Berikut gambar topologi sebuah WAN.


WAN tidak dimiliki atau di manage oleh seorang saja, tetapi didistribusikan dan dikelola oleh beberapa orang bahkan oleh beberapa organisasi. Teknologi yang biasanya dipakai WAN antara lain : Modem, ISDN (Integrated Services Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line), Frame Realay, ATM (Asynchronous Transfer Mode), SONET (Synchronous Optical Network), T (US) dan E (Europe) Carrier Series seperti T1, E1, T3, E3 dan lain-lain.

Sedikit ulasan tentang WAN (Wide Area Network) serta kelebihan dan kekurangan WAN, mungkin bisa menjadi refrensi anda dalam mengenal tipe-tipe jaringan yang ada,


WAN ( wide area network ) merupakan jaringan komputer dengan jangkauan area geografis yang paling luas, bisa mencakup sebuah negara bahkan benua untuk mengaksesnya, atau bisa didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.




Kelebihan dari WAN :
  • Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas sehingga berbisnis dengan jarak jauh dapat terhubung dengan jaringan ini
  • Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations.
  • Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain pada jaringan ini (bisa berupa gambar, suara, atau data yang disertakan dengan suatu lampiran).
  • Hal-hal yang mahal (seperti printer atau saluran telepon ke internet) dapat dibagi oleh semua komputer pada jaringan ini tanpa harus membeli perangkat yang berbeda untuk setiap komputernya.
  • Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama. hal ini untuk menghindari masalah dimana beberapa pengguna mungkin memiliki informasi lebih tua daripada yang lain.
  • Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar
  • Besar jaringan penutup.

Kekurangan WAN :
  • Biaya operasional mahal dan umumnya lambat
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini
  • Menyiapkan jaringan bisa menjadi pengalaman yang sangat mahal dan rumit. Semakin besar jaringan semakin mahal harganya.
  • Keamanan merupakan masalah yang paling nyata ketika orang yang berbeda memiliki kemampuan untuk menggunakan informasi dari komputer lain. Perlindungan terhadap hacker dan virus menambah kompleksitas lebih dan membutuhkan biaya.
  • Setelah diatur, memelihara jaringan adalah pekerjaan penuh waktu (full time) yang membutuhkan jaringan pengawas dan teknisi untuk dipekerjakan.
  • Informasi tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal atau kepentingan.
  • Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

WAN bertugas menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi yang tidak bisa langsung dimasukan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface seperti Router, CSU/DSU, Modem , Communication server. Lalu apakah pengertian dan kegunaan dari perangkat interface Router, CSU/DSU, Modem , Communication server?

 

 

Router

Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam menajemen jaringan. Router berfungsi mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut anatara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.
LAN mengirimkan data ke Router, kemudian router akan menganilsa berdasarkan informasi alamat pada layer. kemudian router akan meneruskan data tersebtu ke interface WAN yang sesuai berdasarkan routing table yang dimilikinya.

CSU/DSU

CSU/DSU adalah sebuah perangkat gabungan dari sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU). Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Maka untuk jalur digital CSU dan DSU dibutuhkan.

Modem

Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Sebuah modem dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Cara kerja modem mengirim data melalu jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal, sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara nalog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. pada sisi penemira sinyal analaog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

Communication Server

Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus, karena communication serer mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar