Selasa, 01 April 2014

Laela Khikmawati (Peramalan Penjualan)


SISTEM INFORMASI PEMASARAN
(PERAMALAN PENJUALAN)

Dengan adanya peramalan penjualan produk di suatu perusahaan,maka manajemen perusahaan tersebut akan dapat melangkah kedepan dengan lebih pasti.Atas dasar peramalan penjualan yang disusun ini manajemen perusahaan akan dapat memperoleh gambaran tentang keadaan masa depan perusahaan. Gambaran keadaan penjualan pada waktu yang akan datang ini sangat penting bagi manajemen perusahaan, karena kebijakan perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh besarnya penjualan produk perusahaan tersebut.
Pada umumnya hasil dari suatu peramalan penjualan akan dikonversikan menjadi rencana penjualan dengan memperhitungkan berbagai hal berikut :
  1. Pendapat manajemen 
  2. Strategi-strategi yang direncanakan 
  3. Keterkaitan dengan sumber daya 
  4. Ketetapan manajemen dalam usaha mencapai sasaran penjualan
Dalam menjalankan usahanya perusahaan biasanya melakukan 2 pendekatan, yakni
1.    Speculative Approach (pendekatan spekulasi )
Di mana perusahaan tidak memperhitungkan resiko yang diakibatkan oleh ketidak-pastian faktor-faktor intern dan ekstern.
2.    Calculated Risk Approach ( pendekatan penghitungan risiko )
Di mana perusahaan secara aktif melakukan estimasi terhadap resiko yang diakibatkan oleh ketidak-pastian faktor-faktor ekstern dan intern.
   
Faktor internal (faktor yang dapat di kuasai), seperti misalnya:
1.      Kualitas dan kegunaan produk yang terdiri dari :
a.       Bagaimana produk di pakai
b.      mengapa orang membeli produk tersebut
c.       penggunaan potensial produk
d.      perubahan yang dapat menaikan kegunaan produk.
2.      Ongkos produksi dan distribusi produk.
a.       Proses pembentukan produk
b.      Teknologi yang di pakai
c.       Bahan mentah yang di pakai
d.      Kapasitas produksi.
3.      Kecakapan manajemen (management skill)  yang terdiri atas :
a.       Penghayatan persoalan yang di hadapi
b.      Kemampuan melihat reaksi pesaing
c.       Kemampuan Melakukan Forecast

Faktor eksternal (faktor yang tidak dapat di kuasai). Seperti misalnya:
  1.  Kecakapan management pesaing. 
  2. Volume kegiatan perekonomian yang di tentukan oleh : Konsumen, manager lain (produsen lain) spekulator, peraturan hukum, keadaan politik kondisi lingkungan, kehidupan organisasi ekonomi.
  3.  Barang substitusi 
  4. Selera masyarakat 
  5. Faktor lain  seperti : konflik politik, iklim dan perubahan pemakaian produk, banyak perusahaan yang keluar masuk dalam produk
Peramalan penjualan merupakan pendekatan yang berbasis dengan memperhitungkan risiko yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang. Peramalan penjualan merupakan pusat dari seluruh perencanaan perusahaan yang menggambarkan potensi penjualan serta luas pasar yang akan dikuasai di masa yang akan datang.

  1. INPUT
    a.       Teknik Peramalan (model Kuantitatif atau Kualitatif) 
    b.      Item yang diramalkan 
    c.       Satuan yang digunakan
    d.      Pengecualian dan situasi khusus
  2. PROSES
    Agar Peramalan dapat memberikan hasil yang memuaskan, maka haruslah mengikuti prosedur atau langkah – langkah yang telah ditetapkan dalam Peramalan.
    Dengan mengikuti setiap langkah yang telah ditetapkan paling tidak dapat menghindari kesalahan yang tidak perlu, sehingga hasil Peramalan tidak perlu diragukan. Secara umum langkah – langkah yang dilakukan dalam Peramalan sebagai berikut : 
    a.       Mengumpulkan Data
    b.      Mengolah Data
    c.       Menentukan Metode Peramalan
    d.      Memproyeksikan Data
    e.       Mengambil Keputusan

  3. OUTPUTa.       Strategi-strategi yang direncanakan 
    b.      Ketetapan manajemen dalam usaha mencapai sasaran penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar