SISTEM INFORMASI PEMASARAN
(SUBSISTEM
HARGA)
Subsistem
harga berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan. Subsistem
harga hampir serupa
dengan subsistem promosi dalam hal dukungan keputusan.
a.
Penetuan harga berdasarkan biaya
Beberapa perusahaan
menggunakan penentuan harga berdasarkan biaya, dengan menentukan biaya-biaya
dan menambahkan markup yang diinginkan. Jika perusahaan memilki SIA yang baik,
tersedia data biaya yang akurat membuat tugas Subsistem harga menjadi mudah
untuk mendukung penentuan harga berdasarkan biaya.
b.
Penentuan harga berdasarkan
permintaan
Kebijakan harga yang kurang
berhati-hati adalah penentuan harga berdasarkan permintaan yang menetapkan
harga sesuai dengan nilai yang ditempatkan oleh konsumen terhadap produk.
A.
INPUT :
a.
Merk
· I-Phone
· Nokia
· Samsung
· Blackberry
· dll
b.
Model
· Touchscreen
· Qwerty
· Nonqwerty (abc biasa)
· Touchscreen + tombol (dual input)
c.
Type
· I-Phone
1.
I-Phone 5S
2.
I-Phone 4S
3.
I-Phone 5C
4.
I-Phone 5
5.
dll
· Nokia
1.
Lumia
2.
Asha
3.
C2
4.
300
5.
dll
· Samsung
1.
Galaxy S4
2.
Galaxy Young
3.
Galaxy Note
4.
Galaxy Core
5.
dll
· Blackberry
1.
Gemini
2.
Torch
3.
Davis
4.
Curve
5.
dll
d.
Sistem Operasi
· Android
· Java
· Symbian
· Windows
· IoS
· Blackberry OS
e.
Memori
· 2 GB
· 4 GB
· 6 GB
· 8 GB
· dll
f.
Slot SIM
· 1 SIM
· Dual SIM
· Triple SIM
g.
Kamera
· 0,5 megapixel
· 1,3 megapixel
· 3 megapixel
· 8 megapixel
· dll
B.
PROSES :
Dari semua data inputan yang ada, maka tahap selanjutnya adalah
dengan menentukan harga jual masing-masing produk dengan mempertimbangkan
proses pengiriman barang dari counter pusat masing-masing produk.
C.
OUTPUT :
Outputnya
berupa harga handphone sesuai dengan proses yang telah dijalankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar