Selasa, 01 April 2014

alin alina


INFORMASI PEMASARAN
A.  Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran jika di definisikan dalam arti luas adalah kegiatan perseorangan dan organisasi yang mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut.
Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yang berkaitan dengan 4P yaitu :
·         Produk (product) : produk apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
·         Promosi (promotion) : meningkatkan atau mendorong penjualan.
·         Tempat (place) : cara mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui saluran distribusi.
·         Harga (price) : terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan.
B.   Komponen Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran mempunyai komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum yaitu :
·       Input
Sistem informasi pemasaran mempunyai subsistem yang terdiri dari :
1.    Sistem informasi akuntansi(AIS): mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi pemasaran perusahaan.
2.    Intelejen pemasaran: mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan dengan operasi pemasaran.
3.    Riset pemasaran : peneliti pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran.
·       Basis Data(Data Base) Pemasaran
Data yang digunakan oleh subsistem output berasal dari database. Beberapa data dalam database adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain.
·       Output
Tiap subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem itu sebagian dari bauran yaitu :
1.    Tempat(place): menyediakan informasi tentang tempat kegiatan periklanan.
2.    Promosi(promotion): menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan langsung.
3.    Harga(price): membantu menejer untuk membuat keputusan harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar