INFORMASI
PEMASARAN
A. Pengertian
Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran jika di
definisikan dalam arti luas adalah kegiatan perseorangan dan organisasi yang
mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis
melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang, jasa dan
gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam
sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut.
Sistem informasi ini merupakan
gabungan dari keputusan yang berkaitan dengan 4P yaitu :
·
Produk (product) : produk
apa yang dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
·
Promosi (promotion) :
meningkatkan atau mendorong penjualan.
·
Tempat (place) : cara
mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui saluran
distribusi.
·
Harga (price) : terdiri
dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan.
B. Komponen
Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran
mempunyai komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum yaitu :
· Input
Sistem
informasi pemasaran mempunyai subsistem yang terdiri dari :
1. Sistem
informasi akuntansi(AIS): mengumpulkan data yang menjelaskan transaksi
pemasaran perusahaan.
2. Intelejen
pemasaran: mengumpulkan informasi dari lingkungan perusahaan yang berkaitan
dengan operasi pemasaran.
3. Riset
pemasaran : peneliti pemasaran melakukan penelitian khusus mengenai operasi
pemasaran.
· Basis
Data(Data Base) Pemasaran
Data
yang digunakan oleh subsistem output berasal dari database. Beberapa data dalam
database adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan
area fungsional lain.
· Output
Tiap
subsistem output menyediakan informasi tentang subsistem itu sebagian dari
bauran yaitu :
1. Tempat(place):
menyediakan informasi tentang tempat kegiatan periklanan.
2. Promosi(promotion):
menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan perusahaan dan penjualan
langsung.
3. Harga(price):
membantu menejer untuk membuat keputusan harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar