Kamis, 05 Desember 2013

Makalah Pengaturan Ruang Komputer Beby Kusuma N


MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGATURAN RUANG KOMPUTER
Dosen: Hari Agung B, M.Kom



                                NAMA  : BEBY KUSUMA NINGSIH
                                NIM       : 13.230.0099
                                KELAS  : IP52

STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN PELAJARAN 2013-2014













KATA PENGANTAR

   Segala puji bagi Allah SWT, karena dengan rahmat, hidaya dan inayah-Nya sehingga makalah ini dapat selesai dengan tepat waktu sebagai salah satu tugas Pengantar Teknologi Informasi di semester satu ini. Makalah yang berjudul: Pengaturan Ruang Komputer.
   Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurnah, mengingat keterbatasan kemampuan, pengetahuan dan waktu yang kami miliki. Untuk itu segala pendapat, kritik dan saran yang bersifat konstruktif diharap dapat membantu sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca yang budiman.
    Akhirnya semoga Allah SWT mencatat semua amal yang besar maupun yang kecil dengan ridho dan pahala yang dapat dipetik melainkan buah amal yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT, semoga Allah SWT menerima do’a dan harapan ini. Amin


 Pekalongan,    Desember  2013















Kepopularitasan internet merubahnya menjadi kebutuhan pokok manusia yang sangat penting. Individual, pebisnis, pelajar, ibu rumah tangga, dan anak-anak menyelesaikan setiap masalah dengan internet. Sebuah warung internet dapat menjadi solusi yang bagus bagi Anda untuk menciptakan usaha awal Anda dan mengubahnya menjadi keterampilan yang menghasilkan uang dengan cara yang menyenangkan dan menguntungkan.

Berikut Sedikit Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Mendesain Ruangan
Usaha Warnet
Lakukan penelitian kelayakan terhadap rencana Anda untuk mendirikan warung internet di area yang anda inginkan. Lihat secara khusus permintaan untuk sebuah Warung Internet dan pertimbangkan pesaing di daerah tersebut. Jika memungkinkan untuk anda mendirikan sebuah Warnet, tugas anda berikutnya adalah memperkirakan berapa banyak uang yang Anda akan perlukan sebagai investasi awal.

Ukuran Ruangan
Pertimbangkan ukuran ruangan yang anda miliki, kemudian sesuaikan dengan keinginan anda. Perhatikan tentang kenyamanan pelanggan dan kapasitas ruangan untuk setiap meja komputer. Banyak sekali tata letak yang bisa anda ikuti dan anda persiapkan untuk warnet yang akan anda bangun.

Fasilitas
Pikirkan apakah Anda ingin memakai AC atau kipas angin dengan melihat kebanyakan pelanggan yang akan anda tarik. Untuk Game Center kipas angin menjadi pilihan yang baik karena pelanggan tidak berfikir untuk tidak menghisap rokok. Tetapi jika anda lebih memberatkan Browsing, AC akan membuat pelanggan anda segar.
Perhatikan juga kamar mandi dan parkiran. Pelanggan akan resah jika anda mengabaikan dua hal ini.

Properti
Hal ini berkaitan dengan spanduk, poster, cat dinding, lantai dan karpet. Tema adalah sesuatu yang sepertinya tidak penting, tetapi tema bisa membuat orang masuk kedalam warnet anda.

Desain Warnet
Terdapat beberapa jenis desain ruang warnet yang dapat anda terapkan untuk warnet yang akan anda buat, berikut jenis-jenis desain warnet yang mungkin membuat anda tersenyum :

Bisnis Warnet1. Model Tertutup (Closed System)
Model seperti ini sangat cocok jika anda ingin mempertahankan privasi pelanggan dengan meletakkan Komputer pelanggan berhadapan dengan tembok. Jenis ini juga menjadi solusi jika anda ingin membangun Warnet dengan jumlah 10 PC.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjzGANJeivqn2RO6g3SBGAdkTTx2T6uFLRabPUzEkkflozz4Nt0grCsqfaUQ7MKSQz2IA9Ce_X_OTjHoYkTC0aPIrcP-PvyvZY0hWRDoCyD19B6cQscgw3MAnVIUI_SnWJNuhyphenhyphenIY1aFAA/s200/warnetb3.jpg2. Model Terbuka (Open System)
Anda tidak perlu lagi memikirkan tentang privasi pelanggan, untuk model jenis ini artinya anda akan menciptakan Warnet yang aman. Tindakan-tindakan pelanggan yang kurang menghargai infrastruktur dapat anda minimalisir dengan baik.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD-zXWGVEDp78V4RqLUoZKBOmYi6sCup8WzKWap4CK0OD8DBtDBkXEIKmJ_ULm_jfhUBquaSp8gszplGR3snb96V_zgk9iACO17OXsXwr3NQhw8cMRHrGBvoRqKLlhWHLMPBinmZ7F6dw/s200/a.jpg3. Model terbuka dan tertutup
Dengan menggabungkan kedua sistem diatas maka anda tidak perlu bingung lagi tentang kenyaman pelanggan.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrKV_ThqDh-hkuRSU3Io53ViWaBpjOywbk-w1zzcRbSh9-O_4KCuCjlisnoITKmVGPzLGVrozkmS6Dy6hXhIy2oU8rUvLH0MmwJcmDuTVJQpMJ85HfahjqW8lZAbAhNkbU0h4376-32fI/s200/s.jpg 
4. Model Kafe (Resto System)
Jenis seperti ini sepertinya kurang kita temukan di Indonesia karena biaya yang akan anda keluarkan cukup besar. Sebenarnya model jenis Resto ini digunakan untuk memfasilitasi pelanggan dalam menikmati makanan dan minuman. Anda bisa memadukan Warnet  dengan bisnis Kafe atau makanan yang akan memberikan penghasilan lebih.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEXPCEVgTOlE2msxcNpyT3NTgF_Pg1LnEROB0YH_4fVRxk_EPSNsSzr7MSaT-YFzr4RtkC3kx8y0s3IQ3iIjaMCqhI0VWepKWeMX9WvSR2ql4amD5MgoZxPEIKyhNF1eFQ4gFxxge5Ru8/s200/warnetf1.jpg 


5. Model Lesehan
Sepertinya sekarang banyak pebisnis Warnet menyukai model ini. Anda dapat meminimalisir pengeluaran dan menghemat ruangan. Jenis ini cocok untuk Warnet Game Online.





Kesimpulan
Ciptakan Desain Ruangan sesuai dengan kebutuhan anda, ruangan besar dengan komputer sedikit membuat ruang anda terlihat membosankan. Sebaliknya ruangan kecil dengan jumlah computer banyak membuat udara sangat panas.  Karena kenyaman pelanggan adalah kunci anda berhasil.
Top of Form
Bottom of Form
PPC Indonesia
Blogger Themes
Blog Archive
© Copyright Usaha Warnet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar