Kamis, 05 Desember 2013

MAKALAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( FIFI ASMAWATI)

MAKALAH PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI (PTI)
Dosen: Hari Agung B, M.Kom

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGzAYKJ0_uugsLtF0o-TQsJrtMo9Nu6i6uYDDVfVunb0ZcgXLKcnKXUIQSUKq7EbFnvnNWTm0YjNenIBduRePiBKZkhIVtWW2yzJxIvkSTIlYRhOBcGqAzSpu5w6ljR0n7ddFEIOXrRM4/s1600/unduhan+(2).jpg



        NAMA  : FIFI ASMAWATI
NIM       : 13.230.0122
                                              KELAS  : IP52


STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN PELAJARAN 2013-2014




KATA PENGANTAR

     Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, yang kiranya patut penulis ucapkan, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini adalah salah satu tugas Pengantar Teknologi Informasi di semester satu ini. Makalah yang berjudul RADIO STREAMING.
      Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, mengingat keterbatasan kemampuan, pengetahuan dan waktu yang kami miliki. Untuk itu segala pendapat, kritik dan saran yang bersifat konstruktif diharap dapat membantu sempurnanya makalah ini.
    
      Selesainya makalah ini tidak lepas dari dosen pengampu saya dalam membimbing untuk mengerjakan makalah ini dengan baik. Akhirnya semoga Allah SWT mencatat semua amal yang besar maupun yang kecil dengan ridho dan pahala yang dapat dipetik melainkan buah amal yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT, semoga Allah SWT menerima do’a dan harapan ini.
Aamiin...


                                                                                 Pekalongan,    November  2013



















BAB I
KOMUNIKASI DATA
komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
·        Melalui Infrastruktur Terestrial 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya, Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain:
Sambungan Data Langsung (SDL),Frame RelayVPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP)Melalui Satelit. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Salah satu Contoh Komunikasi data menggunakan radio

Radio Streaming

Sejarah

Berawal dari Radio Republik Indonesia yang diresmikan pada 11 September 1945. Kemudian para mahasiswa membuat Radio amatir sampai tahun 1945, tetapi kemudian pemerintah melarang kegiatan tersebut dan membuat undang-undang dan mengecam keras kemunculan Radio amatir tanpa membuat izin terlebih dahulu.
Tetapi para mahasiswa berhasil memperjuangkan 
Radio amatir, sehingga pada tahun 1967 pemerintah mengizinkan kembali siaran Radio amatir dan harus ada organisasi yang mengelola nya.

Perkembangan
Radio adalah teknologi pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara dan juga merambat melalui ruang angkasa yang hampa udara karena helombang tersebut tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
Radio sendiri sudah mengalami proses perkembangan yang cukup lama sebelum akhirnya menjadi media komunikasi sekarang ini. Seseorang bernama Dr. Lee De Forest (1873-1961) dari Amerika Serikat merupakan seseorang yang dianggap sebagai pelopor dalam penemuan radio. Radio berhasil diketemukan pada tahun 1916 dan ia pun mendapatkan julukan yaitu “The Father of Radio”.
Radio streaming saat ini sudah sangat berkembang di indonesia. Masyarakat indonesia bisa
Pengertian Radio Streaming
Radio Streaming adalah cara mendengarkan radio melalui internet. Radio Streaming yaitu teknologi yang dapat menerima serta mengirim informasi dari satu pihak ke pihak lain menggunakan alat yang dapat menerima aliran media streaming tersebut juga. Teknologi streaming ini menggunakan lossy audio codec, yaitu program komputer yang berfungsi untuk mengkompres audio maupun video berdasarkan data yang diformat melalui streaming suara ke radio internet.

Cara Membuat Radio Streaming
Untuk membuat radio streaming ada beberapa cara. Yang paling terkenal adalah dengan menggunakan shoutcast.
Layanan radio streaming ini didukung secara resmi oleh shoutcast.com yang merupakan penyedia software streaming ternama di dunia untuk server berbasis linux dan windows. Dengan Shoutcast, Anda dengan mudah bisa mengelola streaming mulai mengecek statistik pengunjung dan masih banyak lagi.
v  SKEMA CARA KERJA RADIO STREAMING :
Output dari Mixer –> Line in Soundcard Komputer khusus untuk streaming –> Software WINAMP + Shoutcast DNS –> Internet –> Server Streaming (Gedung Cyber Jakarta) –> Internet –> Komputer Pendengar (via winamp, windows media player maupun HP).
·         Manfaat radio streaming
di zaman modern sangat penting, menurut saya ada beberapa manfaat radio streaming bagi orang atau netter. 
1. Sebagai sumber hiburan yang praktis dan mudah di dengarkan. Cukup dibuka dari internet dimana saja dan kapan saja.
 2. Sebagai sarana untuk promosi bisnis yang efektif. Kita bisa mengiklankan produk yang kita miliki melalui radio streaming ke pendengar di seluruh dunia.
3. Kita bisa memanfaatkan radio streaming untuk menyiarkan berita yang terjadi disekitar kita. Apapun bisa kita sampaikan tanpa perlu khawatir berita itu baik atau buruk. Asalkan itu menarik maka bisa langsung kita siarkan ke para pendengar.

v  Mengenai Jasa Radio Streaming Murah
Setelah anda mengerti tentang penjelasan sekilas seputar Radio Streaming itu apa. Kali ini kita akan membahas tentang solusi yang tepat untuk memilih tempat pembuatanRadio Streaming Murah Terpercaya yaitu di Eossweb.com. Kenapa Anda harus menggunakan jasa streaming murah di EOSSWEB.com ?? disini akan saya jabarkan seputar EOSSWEB.com dengan fasilitas Radio Streamingnya.
Tentang Jasa Streaming EOSSWEB.com
EOSSWEB adalah salah perusahaan yang menyediaan jasa online seperti hosting, domain, radio streaming dan webdesain. Layanan yang disediakan oleh eossweb sangat murah dan terjangkau oleh semua kalangan dan termasuk mahasiswa dan pelajar dan menyediakan layanan-layanan gratis berbasis web.






BAB II
JARINGAN KOMPUTER TENTANG TOPOLOGI MESH ATAU JALA


v  JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HubBridgeSwitchRouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Apa itu Topologi Jaringan?

Jaringan komputer telah merevolusi cara informasi ditransmisikan di seluruh dunia. Salah satu kekuatan pendorong globalisasi adalah internet, yang merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah dibangun. Salah satu faktor utama efisiensi jaringan komputer adalah topologinya. Topologi adalah layout fisik dan logis dari jaringan komputer.
Pertimbangan topologi sangat penting dalam jaringan komputer. Ketika seseorang berbicara tentang topologi dari kerangka kerja komputer, dua aspek perlu dipertimbangkan, yang kerangka fisik dan logis. Kerangka fisik mendefinisikan koneksi fisik yang sebenarnya dibuat antara komputer dan kerangka topologi logis mengacu pada jalur transmisi sinyal. Menurut jenis kerangka fisik dan kerangka logis, ada banyak jenis jaringan komputer topologi.
Pada dasarnya topologi adalah peta dari sebuah jaringan. Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan komputer, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi data.









v  Topologi Mesh

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJGzproOEjZwpOAVKTrP7wFvt0jEjOtLBhLpttuaVWctPzk3Q-AZMxVc66-oaHgmj2wjtr3JUW5YG1quJWWwe8prvrExx466jMbpUG7Qi-VL83RnsElF8PJHogGCJUna3h01K4gfWxNg4/s320/mesh.gif


v  PENGERTIAN

Topologi Mesh adalah suatu topologi yang memang didisain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute atau penjaluran yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak atau software.
Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain. Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.


v  KELEBIHAN

·         Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
·         Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
·         Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
·         Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.



v  KEKURANGAN

·         Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
·         Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.

Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan yang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain. Dapat dibayangkan jika jumlah peralatan yang terhubung sangat banyak, tentunya ini akan sangat sulit sekali untuk dikendalikan dibandingkan hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.

Kebanyakan jaringan yang menggunakan topologi mesh akan mengalami kesulitan dalam instalasi jika peralatan yang terhubung jumlahnya bertambah banyak, karena jumlah hubungan yang disambungkan semakin banyak jumlahnya. Jadi jika ada n peralatan (komputer) yang akan kita sambungkan, maka perhitungannya adalah n(n-1)/2. Jadi jika terdapat 5 komputer, maka hubungan yang akan dibuat sebanyak 5(5-1)/2 atau 10 hubungan. Jadi jika komputer yang terhubung semakin banyak maka semakin banyak pula hubungan yang akan diatur. Topologi ini cocok untuk digunakan pada sistem yang kecil.

Struktur dasar topologi mesh yaitu, setiap perangkat terhubung ke masing-masing node dan setiap jaringan dengan interkoneksi berlebihan, setidaknya dua jalur dari dan ke setiap node.
Maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

v  Ciri-ciri Topologi Mesh
1.      Konsep Internet.
2.      Tidak ada client server, semuanya bisa bertindak sebagai client server Peer-to-peer.
3.      Bentuk mesh yang paling sederhana adalah array dua dimensi tempat masing-masing simpul saling terhubung dengan keempat tetangganya.
4.      Diameter komunikasi sebuah mesh yang sederhana adalah 2 (n-1)

5.      Topologi mesh ini cocok untuk hal-hal yang berkaitan dengan algoritma yang berorientasi matriks.

Topologi Mesh adalah topologi yang didesain untuk memiliki tingkat restorasi dengan berbagai alternatif rute yang biasanya disiapkan dengan dukungan perangkat lunak. Komponen utama dalam topologi ini adalah Digital Cross Connect (DXC) dengan lebih dari dua sinyal aggregate, dan tingkat cross connect yang beragam pada level sinyal SDH.
http://www.rad.com/static-files/Static%20Files/MediaItems/2647_dxc-10a_30_8r_e.gif
Topologi jaringan mesh menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran yang harus disediakan untuk membentuk suatu jaringan topologi mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, dengan n adalah jumlah sentral). Tingkat kerumitan yang terdapat pada jaringan mesh ini sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
Secara umum jaringan mesh dengan DXC Self-Healing dapat ditandai berdasarkan teknik implementasi yang berbeda-beda sebagai berikut:







Jaringan DXC disebut jaringan self-healing jika dapat memulihkan demand terpengaruh secara otomatis saat terjadi kesalahan fasilitas serat optik, perangkat atau office. DXC SDH memberikan kemampuan restorasi jaringan melalui peroutan alternatif demand. Restorasi prioritas melalui penyusunan kembali path dapat diimplementasikan hanya jika kapasitas spare tersedia dalam jaringan.
Sedangkan kemampuan DWDM dalam hal restorasi dan proteksi pada topologi mesh adalah sebagai berikut:


Tipe Topologi Jaringan Mesh

1. Full Mesh Topology

Dalam tipe ini -seperti dalam mesh yang sebenarnya- setiap komponen terhubung ke setiap komponen lainnya, bahkan setelah mempertimbangkan faktor redundansi dan biaya dari jaringan ini. Keunggulan utamanya adalah bahwa lalu lintas jaringan dapat diarahkan ke node lain jika salah satu node down. Topologi full mesh hanya digunakan untuk jaringan backbone.

2. Partial Mesh Topology

Tipe ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan topologi full mesh. Disini, beberapa sistem yang terhubung dalam cara yang sama seperti pada topologi mesh sementara beristirahat dari sistem yang hanya terhubung ke 1 atau 2 perangkat. Dapat dikatakan bahwa dalam sebagian mesh, workstation secara tidak langsung terhubung ke perangkat lain. Yang satu ini lebih murah dan juga mengurangi redundansi.

Wireless Mesh Networks
Jaringan wireless mesh bekerja berdasarkan frekuensi radio dan pada awalnya dikembangkan oleh militer untuk dapat berkomunikasi. Kehandalan adalah faktor yang tinggi dalam setiap jenis jaringan mesh. Ada tiga jenis topologi wireless mesh :
Fixed Mesh Networks
Fixed mesh networks akan bekerja hanya dalam lokasi tertentu dan bukan merupakan jaringan mobile. Mereka dimaksudkan untuk digunakan dalam lingkungan yang terbatas. Lokasi node dalam jaringan mesh ini semuanya ditentukan terlebih dahulu dan tidak dapat saling ditukarkan.
Jaringan fixed mesh tidak bekerja pada garis pandang seperti jenis-jenis jaringan mesh yang lain. Jumlah hop dalam jaringan fixed mesh biasanya tetap dan juga pendek. Mungkin tidak banyak node seperti jenis jaringan mesh yang ada di dalam kantor atau gedung.
Peer to Peer Mobile Networks
Dalam jaringan mobile peer to peer, masing-masing perangkat individu dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan jaringan mesh. Peer ini tidak memerlukan koneksi ke node utama dan mereka masih bisa berkomunikasi dari satu perangkat ke perangkat lain dengan mengambil rute transfer data yang sependek mungkin. Namun banyak ahli percaya bahwa dalam jaringan mesh peer to peer masalah dengan skalabilitas dalam hal waktu yang dibutuhkan untuk transfer data patut dipertanyakan. Perangkat ini mengirimkan data di jalur yang paling optimal dan transfer seluruh data atau tergantung pada satu faktor. Jika perangkat tersebut tidak mampu maka seluruh tujuan menggunakannya dalam koneksi peer to peer akan hilang.
Node-To-Node Network
Jaringan Node-To-Node merupakan kombinasi dari jaringan fixed mesh dan jaringan mobile mesh. Dalam jaringan node-to-node awan jaringan diperkenalkan dan semua node dikonfigurasi untuk menggunakan awan jaringan untuk menghubungkan antara yang satu dengan yang lain. Jadi fitur ini membuatnya mobile dan jaringannya juga fixed karena semua node dari jaringan yang sama terhubung ke satu awan jaringan tunggal.
Topologi mesh diimplementasikan untuk menyediakan sebanyak mungkin perlindungan dari interupsi pengiriman data. Sebagai contoh, pembangkit tenaga nuklir mungkin menggunakan topologi mesh ini. Topologi yang benar-benar dalam suatu sistem kendali (controlling) ini mempunyai koneksi sendiri ke semua host.
Sebuah variasi pada topologi mesh yang sebenarnya adalah mesh hybrid. Ini menciptakan koneksi jaringan point-to-point yang berlebihan hanya antara perangkat jaringan tertentu. Mesh hybrid paling sering terlihat dalam implementasi WAN. Topologi mesh umumnya tidak digunakan karena strukturnya yang kompleks. Tapi ia berjalan dengan baik ketika perangkatnya menyebar di jaringan dan tidak terletak pada daerah yang sama. WAN adalah salah satu contoh dari topologi mesh. Ini adalah interkoneksi beberapa jaringan LAN. Dengan demikian, dalam Wide Area Network (WAN), beberapa jalur tersedia untuk mencapai tujuan.
Contoh lain jaringan mesh adalah Mobile Adhoc Network atau MANet. Seluruh jaringan meshnya terus menerus tersambung. Menjadi benar-benar terhubung tidak berarti bahwa jaringan mesh tergantung pada setiap node dan setiap jaringan. Bahkan jika satu node gagal dalam jaringan mesh, jaringan yang lain akan menemukan rute alternatif untuk mentransfer data. Hal ini disebut teknologi penyembuhan diri sendiri di mana ia menerima data satu cara atau yang lain.

Ø  Keuntungan dan Kerugian

v  Keuntungan

Dengan bentuk hubungan seperti itu, topologi mesh memiliki beberapa keuntungan, yaitu:






Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.










Jika salah satu komponen gagal selalu ada alternatif lain, jadi transfer datanya tidak akan terpengaruh.

v  Kerugian
Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).

Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini -Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya- maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.

Instalasi Topologi Mesh
Koneksi wraparraound pada bagian-bagian ujung akan mengurangi ukuran diameter menjadi 2 ( n/s ).
1. Skema kontrol self-healing (terpusat dan terdistribusi).
2. Peroutan kembali (rerouting) perencanaan kanal (preplanned dan dinamik)
3. Tingkat restorasi sinyal (restorasi saluran/line dan restorasi kanal/path)
a. Sistem DWDM memungkinkan pengimplementasian proteksi elektrik dengan sistem 1:N yang disandingkan dengan proteksi optik 1:1 untuk memberikan sistem proteksi yang lengkap.
b. Sistem restorasi DWDM memiliki kemampuan untuk menyimpan bundle yang lebih banyak dari SDH, kecil kemungkinan terjadinya restorasi dan jika terjadi maka waktu restorasi yang dibutuhkan akan lebih singkat.
Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).







BAB III
TATA RUANG KOMPUTER


TATA LETAK RUANG KOMPUTER
( SERVER )
Ruang komputer / server

Adalah Segala jenis ruang yang berisi instalasi komputer baik tunggal maupun jaringan atau tempat perangkat utama komputer diletakkan. Sedangkandata pendukung seperti piranti keluaran dapat diletakkan di ruang lain tergantung kebutuhan. Tetapi pada umumnya yang terdapat di ruang komputer adalah CPU, Printer, dan Perangkat masukan lainnya, yang dapat kita letakkan diruang lain adalah terminal komputer, piranti masukan dan keluaran yang menggunakan CPU komputasinya, melalui perangkat penghubung .

Design Ruang Server/ Komputer
– Persyaratan teknis ruang komputer
– Teknis pelayanan ruang komputer
– Tata ruang (design) komputer
– Perlengkapan ruang komputerPerencanaan Ruang
• Pencahayaan
– Perhatikan alat penerangan
– Mempengaruhi kinerja pegawai
– Devices jangan terkena sinar matahari
langsung
– Tata letak monitor dan lampu
– Sinar matahari yang masuk dari
Jendela
Optimalisasi Penempatan
Hardware
– Keyboard, mouse, dan monitor
sebaiknya diletakkan di atas meja
tepat berhadapan dengan pengguna.
– Antara keyboard dan monitor harus
memitiki jarak + 30 cm.
– Untuk meng-hindari keletihan dan
ketegangan pengguna harus merubah
posisi duduknya sesekali. • Penempatan Sudut Arah Pandang yang
Baik
– Jarak antara mata dan monitor harus berada
sekitar 45 cm hingga 70 cm,
– Tips :
– Kepala harus sekali-sekali di gerakan
– Pergerakan ini dimaksudkan agar mata
terjaga dari keletihan.
– dianjurkan untuk tidak menatap monitor
terus menerus. Jika tidak maka akan
menimbulkan ketegangan pada pundak.
• Penempatan Penerangan
– posisi kerja berada pada tempat yang baik
pencahayanya
– baik bagi mata serta dapat menghindari
refleksi sinar yang mengganggu.
– gunakan vertical blind, dapat mengatur
pencahayaan matahari.
– penempatan lampu meja harus diatur
sedemikian rupa sehingga tidak ada
pantulan pada layar monitor.

• Design Ruang Komputer
– Material ruangan (lantai, dinding,
plafon)
– Tata letak kabel (cisco 2
Æ
7.3.6)
– Perhatikan noise suara dari luar
– Perhatikan suhu ruangan dan lantai
– Perabot yang tepat agar sedap
dipandangFloor plan
• Penempatan resource
– Perhatikan penempatan devices
(printer, fax, telpon)
– Letaknya mudah dijangkau oleh
semua user
– Bebas medan magnet  dan listrik, bebas
getaran, bebes zat kimia
– Terdapat UPS (Uninterruptible Power
Supply)
• Simpanan data (storages)
– Biasan disimpan dalam media khusus
– Disimpan dalam suatu tempat khusus
– Sebagai media backup data
– Dibuat formulir penyimpannanyaTeknik Ruang computer

Desain tata letak ruang komputer

§ Harus diantisipasi adanya kebutuhan untuk peningkatan daya listrik dan perluasan ruangan di kemudian hari.
§ Harus tersedia pendinginan yang cukup dan sebanding terhadap beban yang ada.
§ Harus dirancang kontrol akses dan sistem keamanan ke ruang komputer yang sesuai dengan jenis ruangannya.
§ Setiap perubahan desain, software dan hardware harus terdokumentasi, dalam rangka kemudahan pelacakan terhadap perencanaan (roadmap) jika terjadi kesalahan atau gangguan sistem.
§ Pemahaman terhadap kebutuhan system perusahaan / instansi adalah langkah awal desain ruang komputer yang efisien dan aman.
§ Perhatian khusus harus diberikan pada aspek teknis dan lingkungan penunjang, yaitu: system pendinginan udara, kontrol kelembapan, distribusi
§ dan aliran udara, distribusi dan proteksi daya listrik, keamanan dan deteksi kebakaran, tata ruang dan penempatan peralatan, akses perawatan, jalur pengkabelan, keamanan fisik, tanda-tanda petunjuk, dll.
Tata Ruangan
§ Tata ruang (kesesuaian dg fungsi, penempatan peralatan, kenyamanan penggunaan, kemudahan perawatan, keindahan)
§ Aspek pengkabelan baik untuk power maupun LAN (jalur-jalur pengkabelan, outlet, saklar, dll)
§ Kontrol keamanan (mudah diamati, pengamanan instalasi listrik dan LAN, lokasi tertutup di dalam ruang komputer seminimal mungkin)
§ Aksesibilitas (alur pergerakan orang mudah dan tidak membahayakan, kemudahan akses secara umum, pembatasan akses pada ruang tertentu, dll)

Tanggung jawab dan prosedur tugas operator

§ Memelihara dan mengontrol fisik perangkat di ruang komputer.
§ Mengontrol dan mencatat kerja perangkat komputer dan perangkat pendukung ruang.
§ Mempersiapkan, mengoperasikan perangkat dan media rekaman (disk/tape) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
§ Membuat catatan mengenai kesibukan komputer untuk mendukung perancangan pekerjaan instalasi komputer.
§ Memproses data sesuai dengan ketentuan (waktu prioritas tahap proses, kelengkapan keluaran).
§ Menjaga keamanan benda inventaris, data program, paket dan informasi dari orang-orang yang tidak berhak.
§ Mencatat waktu operasi dan kebutuhan operasi ruang komputer.

Perlengkapan utama ruang komputer (adanya daya listrik sebagai penyedia tenaga/power)
§ Tanpa adanya listrik, komputer hanyalah benda mati yang tidak ada gunanya.
§ Pemasangan tenaga listrik harus dibatasi dalam pemakaiannya agar tidak mengganggu prinsip kerja dari komputer itu sendiri.
§ Alat yang biasa digunakan berkaitan dengan keperluan penyedian listrikdisebut dengan UPS atau Uninterruptible Power Supply.
§ Fungsi UPS adalah agar data yang diproses tetap terjaga keaslian dan kinerjanya.
§ UPS dapat menyimpan sementara daya listrik yang digunakan oleh komputer apabila listrik yang digunakan tiba-tiba padam dan diperlukan waktu untuk menyimpan file data tersebut sehingga tidak menjadi rusak.

images (1).jpg           unduhan (1).jpg

ruang-kantor-yang-rapi.jpg

untitled.JPG












    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar