Selasa, 22 April 2014

RIFQI ADILIANTO


NAMA : RIFQI ADILIANTO


 SUBSISTEM PERENCANAAN

Perencenaan adalah usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja, agar mau melamar lowongan pekerjaan yang ada dalam suatu perusahaan. Rekruitment is the process of searching for prospective employees and stimulating them to apply for job in the organizational. (Penarikan adalah proses pencarian dan pemikatan para calon pegawai yang mampu bekerja di dalam organisasi). Jadi, penarikan adalah usaha mencari dan menarik tenaga kerja agar melamar lowongan kerja yang ada pada suatu perusahaan.

            Perekrutan dan Penerimaan (recruitment and hiring). SDM membantu     membawa pegawai baru ke dalam perusahaan dengan memasang iklan lowongan kerja di Koran, dll. SDM selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan pemerintah yangmempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai.

Sebelum penarikan tenaga kerja dilakukan oleh suatu organisasi, maka ada dua faktor yang harus mandapat perhatian organisasi agar penarikan tenaga kerja tersebut dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan baik. Kedua faktor tersebut adalah sebagai berikut:

Faktor Intern Organisasi

Kebijakan promosi
Kebijakan tentang kompensasi
Kebijakan tentang status pegawai
Rencana sumber daya manusia

Faktor Ekstern Organisasi

Faktor-faktor lapangan kerja dan angkatan kerja yang tersedia di masyarakat.
UU kerja yang dibuat pemerintah.
Situasi dan kondisi perusahaan yang sejenis.
Situasi dan kondisi tenaga kerja yang tersedia.

Langkah-langkah perekrutan:
           
            Penentuan jabatan yang kosong
            Penentuan persyaratan jabatan
            Penentuan sumber dan metode perekrutan.

SUBSISTEM PERENCANAAN ANGKATAN KERJA, melibatkan semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi kebutuhan pegawai dimasa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar