Pengertian Riset Pemasaran adalah kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, dan pengumpulan data , dan perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar dan peluang untuk membangun suatu bisnis
Langkah langkah dalam Riset Pemasaran
a) Identifikasi masalah
b) Pengumpulan Data
c) Melakukan penelitian
d) Survei pasar
e) Strategi promosi
f) Pemasaran produk
Contoh Riset pemasaran dalam PT. Vian Elektronik yang berdiri di kota bekasi jawa barat
Input
PT. Vian elektronik yang berlokasi di bekasi jawa barat , perusahaan tersebut menjual aneka macam barang elektronik contohnya Hp , dalam riset pemasaran di perusahaan tersebut mengambil data yang dikumpulkan oleh perusahaan tersebut yang disebut data primer.
Proses
PT. Vian elektronik melakukan penelitian dan melakukan survei kebeberapa pasar, beberapa toko dan perusahaan elektronik lainnya yang ada diwilayah bekasi, langkah ini dilakukan guna untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada dalam perusahaan maupun toko lainya , sehingga PT. Vian elektronik tidak mendapat kendala dalam menjalankan usaha elektronik tersebut. Kemudian menyurvei sejauh mana ketertarikan masyarakat di daerah bekasi dalam bidang elektronik , memperkenalkan produk yang dijual oleh PT. Vian elektronik, Kemudian menyurvei sejauh mana tingkat ekonomi yang berada di bekasi serta menyurvei lokasi tempat penjualan yang strategis kemudian membuat strategi promosi yang berbeda dari perusahaan elektronik lainnya.
Output
PT. Vian elektronik fokus dalam pemasaran produk , sehingga para konsumen merasa tertarik dan merasa puas atas pembelian produk - produk yang kita jual , dan menyusun
Strategi distribusi yang lebih meyakinkan pelanggan supaya terus membeli dan menggunakan produk- produk yang kita jual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar