Minggu, 15 Desember 2013

TUTUT LESTARI



MAKALAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMUNIKASI DATA TENTANG TWITTER
(INTERNET)
Dosen : Hari Agung B. M.KOM




Disusun oleh:

NAMA = TUTUT LESTARI
                                          KELAS = 1P52
                                          NIM = 13.230.0135



STMIK WIDYA PRATAMA PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2013/2014

KATA PENGANTAR

   Segala puji bagi Allah SWT, karena dengan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga makalah ini dapat selesai dengan tepat waktu sebagai salah satu tugas Pengantar Teknologi Informasi di semester satu ini. Makalah yang berjudul Internet (Twitter)
   Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, mengingat keterbatasan kemampuan, pengetahuan dan waktu yang kami miliki. Untuk itu segala pendapat, kritik dan saran yang bersifat konstruktif diharap dapat membantu sempurnanya makalah ini.
   Selesainya makalah ini tidak lepas dari dosen pengampu saya dalam membimbing untuk mengerjakan makalah ini dengan baik. Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca yang budiman.
    Akhirnya semoga Allah SWT mencatat semua amal yang besar maupun yang kecil dengan ridho dan pahala yang dapat dipetik melainkan buah amal yang ikhlas semata-mata karena Allah SWT, semoga Allah SWT menerima do’a dan harapan ini.
Aamiin...                                                                         


 Pekalongan,    Desember 2013




BAB I
PENDAHULUAN

1.1    PENGERTIAN
    Twitter merupakan suatu layanan social network yang berkategori Microblogging. Maksud dari Microblogging ini yaitu sebuah layanan blog yang singkat dalam sebuah paragraph. Jadi apa itu twitter ?. Twitter adalah  suatu tempat layanan informasi yang bisa kita bagikan kepada banyak orang di seluruh dunia. Twitter terdiri dari pesan singkat hanya 140 karakter, pesan ini diibaratkan kicauan burung yang dinamakan Tweet.

1.2    ISTILAH DALAM TWITTER

Follower : dalam bahasa indonesia adalah pengikut yaitu orang yang mengikuti / follow kita, para followers ini yang nantinya akan melihat semua aktifitas, tulisan atau status anda.

Following : dalam bahasa Indonesia adalah mengikuti, artinya siapa saja orang yang anda ikuti. Jika Anda mengikuti atau mem-follow akun twitter seseorang, maka anda-pun akan mengetahui aktivitas dari mereka (seperti status dan sebagainya).

Reply : dalam bahasa indonesia artinya balas. Jika Anda ingin membalas atau merespon tweet orang yang anda ikuti, cukup klik ‘Reply’ dan tuliskan pesan balasan anda.

ReTweet : bahasa kerenya disingkat RT. RT sendiri dimaksudkan menjadikan tweet seseorang yang anda ikuti untuk masuk menjadi Tweet anda. Biasanya orang melakukan RT ini berpendapat bahwa Tweet orang tersebut bermanfaat/ penting/ keren / dan ingin membaginya dengan followernya.

@ : istilah ini disebut Mention dan biasanya diawali tanda @ yang berfungsi untuk menyebut pengguna twitter tertentu yang merupakan follower anda. Saya contohkan anda ingin memanggil salah satu followers anda. @Dinda hey kamu lagi ngapain?. Nah otomatis si dinda akan mengetahui bahwa anda menyapa dia, dan dia akan membalas sebutan anda.

# : istilah Hastag dengan simbol # seperti yang sudah kita bahas di atas, yaitu untuk berdiskusi dan membahas topik yang sama.
Direct Message / DM : berfungsi untuk mengirim pesan secara pribadi via inbox ke pengguna twitter lain. DM ini bersifat privasi atau pribadi jadi yang mengetahui hanya pengirim dan yang dikirimi saja.

Favorites : fitur menyimpan tweet siapa saja agar tidak hilang dan dapat anda lihat sewaktu-waktu.

Connect : istilah merupakan fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.

Discover : merupakan fitur untuk mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau yang menjadi trending topic, baik bersekala internasional maupun regional semisal di Indonesia saja.

1.3 KEPEMIMPINAN
Pada awal pendiriannya, CEO Twitter, Inc. dijabat oleh Jack Dorsey. Pada tanggal 16 Oktober 2008, Evan Williams mengambil alih posisi CEO, sedangkan Dorsey menjadi pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010, Williams mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo yang sebelumnya menjabat sebagai COO,menjadi CEO baru Twitter, Inc. Menurut blog Twitter pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan dan "berfokus pada strategi produk.
The New York Times melaporkan bahwa "Mr. Dorsey dan Mr. Costolo menjalin hubungan yang erat sepeninggal Williams. Menurut PC Magazine, Williams "tak lagi terlibat dalam kejadian sehari-hari di perusahaan". Ia berfokus untuk mengembangkan produk baru, namun tetap menjadi anggota dewan direksi Twitter, dan berjanji untuk "membantu dengan cara apapun yang ia bisa". Stone masih tetap bekerja di Twitter, namun ia juga bekerja sebagai penasihat di AOL. Dorsey bergabung kembali dengan Twitter pada bulan Maret 2011 sebagai pimpinan eksekutif yang berfokus pada pengembangan produk. Dorsey juga menjabat sebagai CEO di Square, yang jarak kantornya tidak jauh dari kantor Twitter di San Fransisco. Pada September 2011, anggota direksi dan investor, Fred Wilson dan Bijan Sabet, mengundurkan diri dari keanggotaan Dewan Direksi Twitter.  Pada bulan Oktober 2012, Twitter mengumumkan telah mempekerjakan mantan eksekutif Google, Matt Derella, sebagai direktur pengembangan bisnis.
1.4 Logo
Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang bernama "Larry the Bird". Logo asli digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.
Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau mengenai evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo tersebut dinamai berdasarkan Larry Bird, pemain NBA dari Boston Celtics.  Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru yang dinamakan "Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil, tidak lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.

BAB II
ISI

2.1 Menjelaskan Prinsip Kerja TWITTER

Cara Menggunakan Twitter

1. Mempunyai Akun Twitter

Ibaratkan seperti anda menggunakan laptop. Anda harus punya laptop terlebih dahulu, baru setelah itu anda bisa menggunakannya. Hal itu sama dengan twitter. Anda bisa menggunakan twitter apabila anda sudah mempunyai akun twitter. Belum tahu cara daftarnya? silahkan baca cara membuat twiter pada artikel sebelumnya.

2. Mengatur Profil Twitter Anda

Jika anda sudah punya akun twitter, sekarang belajarlah mengatur profil twitter anda. Baik dari foto profil, tentang diri anda, atau desain seperti background dan sebagainya, buatlah semenarik mungkin sehingga orang lain tertarik untuk mengikuti anda. Dengan begitu anda akan mendapatkan lebih banyak lagi follower atau pengikut di twitter.

3. Menulis Tweet

Saatnya anda membuat status layaknya seperti facebook. Namun disini ada sedikit perbedaan, jika di facebook anda bisa menulis sepanjang-panjangnya lain lagi untuk twitter yang hanya di batasi sekitar 140 karakter / huruf. Anda juga bisa berbagi tautan atau link, foto dan juga mention / menyebut teman anda (istilahnya kalau di facebook tag teman).

4. Berdiskusi Membahas Topik tertentu

Jika anda ingin membahas suau topik yang sedang dibahas juga oleh pengguna lain maka bisa memanfaatkan hastag (#) yaitu simbol pagar.



DAFTAR PUSAKA


http://alamtekno.blogspot.com/2013/06/apa-itu-twitter-cara-menggunakan-twitter.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar